Geladak Kancil Jawara Bondowoso Raih Penghargaan Top 99 KIPP 2019

103
Bupati KH Salwa Arifin saat menerima penghargaan dari Menpan RB Syarifudin

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso meraih penghargaan Top 99 dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019. Piagam penghargaan diberikan atas inovasi Geladak Kancil Jawara. Yakni gerakan para jawara sebagai penggerak utama menyadarkan kepedulian orang tua terhadap pendidikan anak sekaligus menjaring anak kembali ke sekolah.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin menerima langsung piagam pernghargaan yang didampingi langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs Harimas MSi, Kepala Dinas Koperindag Sigit Purnomo, Kepala Kecamatan Prajekan Abdul Mannan dan Kabag Humas Suryadi.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menpan RB Syarifudin kepada Bupati Salwa Arifin, di Hotel Gumaya Tower, Semarang, Kamis (18/7/2019) malam.

Bupati Salwa Arifin menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan tersebut, karena dari 3.156 inovasi Kementerian maupun Provinsi dan Kabupaten. Inovasi milik Bondowoso masuk dalam top 99.

“Ini bukanlah akhir dari tujuan kami. Yang terpenting bagi Bondowoso adalah bagaimana kita mengimplementasikan inovasi tersebut untuk meningkatkan dunia pendidikan,” ujarnya.

Bupati Bondowoso bersama Harimas, Kepala Dinas Dikbud saat berfoto bersama usai menerima penghargaan, didampingi oleh beberapa Kepala OPD

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bondowoso, Harimas melalui Kepala Bidang PNF mengatakan, inovasi Geladak Kancil Jawara merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan angka rata-rata lama sekolah dan menekan angka putus sekolah.

“Saat ini angka rata-rata lama sekolah di Bondowoso masih rendah dan angka putus sekolah masih tinggi. Oleh karena itu, kami melibatkan peran serta tokoh masyarakat di setiap desa dan orangtua untuk menggalakkan kembali ke sekolah,” tutur Murni, Kabid Paud dan PNF Dinas Dikbud, Jumat (19/7/2019).

Sementara Menteri PANRB, Syafruddin menekankan bahwa orientasi pelayanan publik bukan hanya sekadar menjembatani kehadiran program pemerintah tetapi juga mengakomodir kebutuhan masyarakat dalam sambutannya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Kepala Lembaga Administrasi Negara Adi Suryanto, Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris, Direktur Utama PT Taspen Iqbal Latanro, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta para penerima penghargaan inovasi pelayanan publik lainnya. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here