Geladak Kancil Jawara, Solusi Baru Selesaikan Masalah Pendidikan di Bondowoso

239
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin bersama Wabup Irwan Bachtiar, didampingi Kadis Dikbud, Harimas saat berada di Kemenpan

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), terus berinovasi. Bahkan, salah satu inovasinya, Gerakan Pelayanan Pendidikan di kawasan terpencil (Geladak Kancil Jawara), saat ini telah masuk dalam Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2019.

Geladak Kancil Jawara ini, merupakan inovasi dari Dinas Dikbud sebagai upaya untuk meningkatkan minat masyarakat untuk bersekolah melalui para jawara di setiap desa dan wilauah terpencil.

Kepala Dinas Dikbud, Harimas menyampaikan, Geladak Kancil Jawara merupakan inovasi yang melibatkan para jawara atau tokoh yang memiliki pengaruh kuat di setiap desa, dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan di wilayahnya.

“Geladak Kancil Jawara ini kami terapkan di SMP II Pakem, dengan melibatkan tokoh masyarakat setempat untuk membahas dan menyelesaikan permasalahan di dunia pendidikan. Khususnya merangsang anak agar terus bersekolah,” tutur Harimas melalui sambungan teleponnya, Selasa (16/7/2019).

Mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) ini juga mengatakan, inovasi baru Dinas  Dikbud akan menjadi awal untuk memaksimalkan pelayanan pendidikan di kawasan terpencil. Sehingga, tujuan utamanya untuk mengurangi angka putus sekolah bisa tercapai.

“Inovasi Geladak Kancil Jawara di SMP II Pakem ini menjadi jujukan, yang nantinya akan merambah ke daerah-daerah terpencil yang ada di Kabupaten Bondowoso,” tuturnya.

Lebih jauh, Harimas menyampaikan selain untuk menekan angka putus sekolah, inovasi ini juga dapat meningkatkan angka rata-rata lama sekolah. Bahkan, hal tersebut juga diyakini akan berdampak pada penurunan pernikahan usia dini di Bondowoso.

“Nanti para Jawara-jawara yang terlibat di program inovasi ini akan turut andil, dalam menyelesaikan masalah pendidikan. Dan kami yakin hal ini juga bisa mengurangi angka pernikahan dini nantinya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, dalam sesi wawancara Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik, 10 Inovator mempresentasikan terobosan dari masing-masing wilayah di hadapan Tim Panel Independen dan salah satunya Kabupaten Bondowoso yang mengawali presentasi dengan inovasi Geladak Kancil Jawara yang dipresentasikan langsung oleh Bupati Salwa Arifin. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here