Giatkan Minat Bersekolah, Pemkab Bondowoso Gandeng Dana CSR Bank Jatim

385
Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan, yang bertujuan untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Kabupaten berjuluk Republik Kopi ini, hingga saat ini masih menjadi Kabupaten dengan kategori tertinggal dan termiskin di Jawa Timur (Jatim).

Menurut Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat, akar permasalahan sehingga status tertinggal dan termiskin masih tersemat, adalah sektor pendidikan.

“Angka rata-rata lama sekolah kita masih relatif rendah, yaitu berada diangka 5,5 tahun. Untuk itu, perlu kita tingkatkan lagi,” ungkapnya saat memberikan paparan dalam Safari Pendidikan dan Kebudayaan yang terakhir di SDN 1 Maesan, Selasa (26/2/2019).

Untuk meningkatkan angka rata-rata lama sekolah tersebut, dikatakan Politisi PDIP Bondowoso ini, dirinya mengajak semua stakeholder untuk bersama-sama menggiatkan  program ‘Ayo Kembali Ke Sekolah’.

“Entah itu Kepala Sekolah (KS), Guru, Camat maupun Kepala Desa, jika menemukan anak usia sekolah, tapi tidak bisa sekolah karena keterbatasan ekonomi, langsung ajak sekolah lagi,” ucap Irwan.

Untuk masalah keterbatasan ekonomi, lebih lanjut Irwan mengatakan, pihaknya telah memiliki formula agar anak usia sekolah tersebut bisa kembali ke sekolah.

“Kita siapkan anggaran untuk membantu anak tersebut dari APBD. Selain itu, Bank pemerintah seperti Bank Jatim bisa membantu menggunakan dana CSR-nya,” tukasnya.

Sementara, Kepala Bank Jatim Cabang Bondowoso, Endang Saraswulan mengatakan bahwa, pihaknya berkomitmen untuk membantu sektor pendidikan di Kabupaten ini, khususnya untuk anak yang putus sekolah karena keterbatasan ekonomi dari dana CSR.

“Kami telah berkomitmen membantu program-program Bupati dan Wabup. Untuk sektor pendidikan, kami telah mengucurkan dana bantuan sebesar Rp73juta. Dan itu akan terus berlanjut,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here