Gugus Tugas Covid-19 Perketat Ijin Keramaian

12
Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 saat melakukan rapat koordinasi

BONDOWOSO- Untuk menekan bertambahnya jumlah kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Bondowoso, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, memperketat ijin kegiatan di tengah pandemi ini.

Bagi warga yang akan melaksanakan kegiatan yang menyebabkan kerumunan, harus melakukan ijin dahulu kepada aparatur pemerintah setempat.

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat mengatakan, bahwa SOP perijinan diatur. Di tingkat kecamatan harus ada rekomendasi dari Polsek dan Koramil, baru yang memberikan ijin dari kecamatan.

“Ditandatangani camat, tapi harus rekom Kapolsek dan Danramil. Untuk tingkat kabupaten, bupati sebagai ketua gugus tugas, melimpahkan ke BPBD, tapi rekomendasinya tetap dari Polres dan Kodim,” ungkap wabup Irwan usai melakukan Rapat koordinasi percepatan penanganan Covid-19, di Pendopo Bupati, Senin (7/9/2020).

Selain itu kata dia, pelaksana kegiatan juga harus menandatangani beberapa surat pernyataan bermaterai, yang berkenaan dengan komitmen saat acara maupun setelahnya.

Diantara surat pernyataan tersebut, yakni pelaksana harus siap mematuhi protokol kesehatan, dalam melaksanakan kegiatan. 

“Disediakan masker, tempat cuci tangan, hand sanitizer, pengukuran suhu tubuh. Di atur dalam Perbup nomor 50, yang hadir harus 50 persen dari kapasitas gedung,” ujarnya.

Serta ada klausul, bahwa pelaksana kegiatan yang tidak mematuhi protokol kesehatan, harus siap dibubarkan.

“Apabila kegiatan yang melibatkan banyak orang sampai menimbulkan klaster baru, maka harus bertanggungjawab untuk diperiksa sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku,” pungkasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here