Hari Pertama Masuk Kerja, Dua ASN di Bondowoso Bolos

67
Bupati KH Salwa Arifin didampingi Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat saat menggelar pers conference

BONDOWOSO – Pasca cuti hari raya Idul Fitri 1442 H tahun 2021, tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Bondowoso, rata-rata sama dengan tahun kemarin, mencapai 96 persen. 

Namun tahun ini, tercatat ada dua ASN yang tidak masuk pasca cuti lebaran.  Hal tersebut dikatakan oleh Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin usai menggelar pers conference bersama seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Peringgitan Bupati, Senin (17/5/2021). 

“Hanya ada dua ASN yang bolos. Nantinya akan kita tindaklanjuti kenapa tidak masuk setelah cuti lebaran, ” ungkap Bupati KH Salwa yang didampingi oleh Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, kepada beberapa awak media Media. 

Menurut Bupati, inspeksi mendadak atau sidak tahun ini dilakukan secara virtual, lantaran pandemi covid -19 yang mengharuskan agar tetap menjaga dan melaksanakan aturan sebagaimana yang telah diterapkan oleh pemerintah. 

“Kita hanya menerima laporan dari OPD saja. Ya, untuk tahun ini karena masih dalam kondisi pandemi, makanya kita lakukan secara virtual,” ujarnya. 

Meski secara virtual, langkah tersebut dinilai lebih signifikan dan aman di masa pandemi, untuk mengurangi penyebaran covid -19 di Kabupaten Bondowoso. 

“Saya yakin mereka sportif terhadap pemerintah akan laporan absensi pegawainya,” paparnya.

Ditempat yang sama, Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Apil Sukarwan mengatakan, pihak BKD akan terus menindaklanjuti oknum ASN yang tidak masuk kantor pasca cuti lebaran. 

“Kita rekam dulu kenapa tidak hadir pada saat hari pertama masuk kantor sebelum memberikan sanksi,” tegasnya. 

Untuk sanksi kata Apil, pasti akan diberikan kepada oknum ASN yang melanggar. Akan tetapi pihaknya masih akan berkoordinasi dengan yang bersangkutan untuk lebih memperjelas sebab tidak masuk kantor. 

“Sanksi pasti kita berikan, kan ada BAP dari Inspektorat, sanksinya ya berupa teguran, sanksi administrasi jadi kita rekam dulu kenapa sampai tidak masuk kantor,” tukasnya. (yudi) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here