Hemat Pengeluaran Jaminan Kesehatan, Pemkab Bondowoso Verifikasi dan Validasi PBIJKN

178
Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Sosial menggelar sosialisasi Verifikasi dan Validasi data PBIJKN

BONDOWOSO – Data Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (PBIJKN) yang dirilis oleh Kementerian Sosial dengan data yang diperoleh di Kabupaten Bondowoso ternyata berbeda. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Sosial menggelar sosialisasi Verifikasi dan Validasi data PBIJKN.

Sosialisasi ini sengaja dilakukan agar jumlah penerima bantuan di luar PBIJKN terverifikasi. Pasalnya, saat ini dari sekitar 770 ribu penduduk, Bondowoso mendapat kuota PBIJKN sebanyak 474 ribu, 100 ribu BPJS kesehatan dan 36 ribu peserta Jamkesda. Sehingga, jika dikalkulasi, hanya tersisa sekitar 150 ribu jiwa yang bukan termasuk dalam peserta BPJS, PBIJKN dan Jamkesda.

“Melalui sosialisasi ini, semua kita pilah mana yang masuk data PBIJKN, Jamkesda dan peserta BPJS berpenghasilan tetap (PNS) yang preminya ditanggung oleh negara. Nanti, sisanya ini bisa mandiri, atau kalau mereka miskin, bisa menggunakan Surat Pernyataan Miskin (SPM),” kata Agung Trihandono, Asisten I Pemkab Bondowoso usai acara sosialisasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here