Ikuti ANBK, Bondowoso Targetkan Masuk 10 Besar Tingkat Provinsi

80

BONDOWOSO – Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin meninjau pelaksanaan Assessmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di tiga lembaga pendidikan tingkat SMP, Senin (4/10/2021).

Peninjauan tersebut dilakukan untuk melihat persiapan serta pelaksanaan ANBK dan melihat nilai mutu pendidikan yang ada di wilayah Bondowoso, agar bisa masuk 10 besar di tingkat provinsi.

Menurut Bupati Salwa, ANBK yang diadakan oleh Badan Nasional Standarisasi Pendidikan (BNSP) secara umum, nantinya akan menilai mutu pada setiap jenjang sekolah SD/SMP dan SMA, atau sederajat, berbeda dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan pada akhir tahun sekolah.

“ANBK ini untuk mengukur mutu pendidikan tingkat SD, SMP dan SMK.Dengan begitu, tidak ada lagi sekolah – sekolah favorit atau tidak. Mudah – mudahan Bondowoso masuk 10 besar,” ungkapnya usai melakukan peninjauan.

Dirinya meminta kepada guru atau pun kepala sekolah agar tetap memaksimalkan perannya sebagai tenaga pendidik, sehingga target dari pemerintah untuk masuk 10 besar bisa tercapai dan terus tercipta murid yang berwawasan dan berkarakter.

“Diharapkan kepada setiap guru agar selalu siap didalam memetakan dan mempersiapkan seluruh peralatan dan penataan tata letak peserta,” paparnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sugiono Eksantoso menjelaskan, peserta yang mengikuti ANBK mengacu pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik), sehingga para guru tidak bisa mamastikan para murid untuk mengikutinya.

“Sekolah tidak bisa menyiapkan untuk ikut, karena acak Dapodik,” katanya.

Lebih jauh, dirinya memaparkan, penilaian yang diberikan oleh pusat bukan hanya kepada peserta saja, akan tetapi penilaian dilakukan kepada guru sehingga pemetaan Pendidikan di Bondowoso benar – benar terarah.

“Maka dari itu tujuan dari ANBK ini adalah siswa yang berada ditengah – tengah, bukan siswa yang hampir lulus, untuk SD kelas 5, SMP kelas 8,” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here