Ikuti Visitasi, Peserta Diklatpim III Diharapkan Pahami Inovasi dan Wawasan Kebangsaan

113
Tampak beberapa peserta sedang mengikuti pelatihan

BONDOWOSO– Pasca diresmikannya Pelatihan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) III oleh Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin pada 17 Juni 2019 lalu, 40 peserta Diklatpim telah mengikuti visitasi di dua tempat berbeda.

Visitasi tersebut dilakukan agar para peserta Diklatpim memahami tentang inovasi dan wawasan kebangsaan serta integritas kompetensi setempat.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bondowoso, Alun Taufana Sulistyadi mengatakan, visitasi adalah salah satu rangkaian dari pembelajaran materi diklat, untuk meningkatkan wawasan.

“Selain untuk memperoleh wawasan, visitasi ini bertujuan untuk memberi gambaran konkrit tentang nilai – nilai positif yang dikembangkan dan diterapkan di lokasi tujuan termasuk integritas, profesionalisme, wawasan kebangsaan, nilai-nilai integritas dan inovasi yang dikembangkan,” urai Kepala BKD melalui pesan WhatsAppnya, Minggu (23/6/2019).

Dikatakan Alun, visitasi yang dilakukan oleh ke 40 peserta tersebut dinilai sangat memberikan suatu masukan atau pembelajaran terhadap suatu kondisi pada sebuah organisasi.

“Visitasi memberikan pembelajaran penting, karena setiap peserta dapat mencermati  sebuah unit kerja dalam membangun budaya organisasi terutama dalam mengaktualisasikan nilai-nilai positif yang dapat mendorong pencapaian tujuan organisasi,” tuturnya.

Dari kegiatan visitasi yang telah dilakukan oleh para peserta, diharapkan agar sebisa mungkin dipelajari serta dipahami oleh peserta Diklatpim sehingga bisa nantinya dapat diterapkan pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Setelah kegiatan visitasi para peserta dapat mempelajari dan mengambil nilai-nilai positif untuk bekal pembelajaran lebih lanjut dan dapat diimplementasikan pada unit kerja masing-masing,” paparnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Adi Sunaryadi salah satu peserta Diklatpim III angkatan 8 dari Dinas Pariwisata, dirinya beserta peserta yang lain telah mengikuti visitasi didua tempat berbeda.

“Kita telah melakukan Visitasi di dua tempat yakni, Puslit tembakau di Jember dan RSUD Kusnadi Bondowoso, untuk mengetahui tentang inovasi-inovasi, wawasan kebangsaan, Integritas dan Kompetensi disana,” tutupnya.

Seperti diketahui, Pelatihan Diklatpim III dimulai tanggal 17 hingga tanggal 3 Oktober 2019 diBalai Latihan Kerja (BLK) Desa Tangsil dengan diikuti oleh 40 peserta dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Bondowoso. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here