Imbas Covid-19, Pejabat Eselon II Keatas Tak Dapat Jatah THR

191

BONDOWOSO – Selama pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di semua Kabupaten/Kota seluruh Indonesia dipangkas 50 persen dan direfocusing pada penanganan virus mematikan yang selama ini menjadi momok menakutkan bagi masyarakat.

Termasuk di Kabupaten Bondowoso, anggaran yang melekat pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), juga mengalami pemotongan atas dasar kebijakan dari Pemerintah Pusat ini.

Tak hanya pembangunan di Kabupaten Bondowoso saja yang terhambat karena ada pemotongan anggaran di daerah, salah satu yang juga dipengaruhi atas refocusing anggaran tersebut adalah pembagian Tunjangan Hari Raya (THR) bagi kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Perihal pemotongan anggaran tersebut, dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bondowoso, Syaifullah, bahwa ada sekitar 30 ASN yang bakal tidak menerima THR tersebut.

“Ya, mereka adalah pejabat eselon II keatas. Jadi, hanya pejabat eselon III kebawah yang bakal mendapatkan THR,” ungkapnya.

Namun demikian, dikatakan mantan ASN Situbondo ini, meskipun THR para Pejabat Eselon II keatas ini tidak diberikan, menurutnya hanya bisa menghemat anggaran Rp150an juta.

“Sebenarnya tidak berpengaruh, THR pejabat eselon II kira-kira hanya Rp5jutaan. Jika 30 orang kan hanya sekitar Rp150an juta. Tidak berpengaruh juga sih, sedangkan anggaran yang dipangkas oleh pemerintah pusat nilainya Miliaran,” jelas Syaifullah.

Sementara, Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bondowoso, Wawan Setiawan membenarkan, bahwa pejabat eselon II keatas tidak mendapatkan THR menjelang perayaan Hari Raya umat Islam ini.

“Itu merupakan siaran resmi dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani saat menggelar video conference. Memang, untuk pejabat eselon II keatas, baik di daerah maupun di pusat tidak mendapatkan THR. Kalau untuk pejabat eselon III kebawah, alhamdulillah masih menerima,” pungkasnya, Rabu (6/5/2020), melalui pesan Whatsappnya. (Yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here