Ingin Dapat Rp3,5 Juta di Tengah Pandemi Covid-19? Begini Caranya

125

BONDOWOSO – Pemerintah resmi meluncurkan situs program Kartu Pra Kerja sejak 11 april 2020 dan gelombang pertama akan ditutup pada tanggal 16 April 2020 depan. Tahun ini, pemerintah membuka kesempatan bagi 5,6 juta masyarakat Indonesia yang ingin mengikuti program ini.

Program kartu prakerja dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi, produktivitas, daya saing serta meringankan angkatan kerja di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Selama pandemi corona, peserta akan mendapat manfaat sebesar Rp 3.550.000 per orang, rinciannya adalah bantuan pelatihan sebesar Rp1.000.000, insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150.000.

Adapun, syarat untuk melakukan pendaftaran program Kartu Pra Kerja, diantaranya, Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 18 tahun serta sedang tidak mengikuti pendidikan formal.

“Masyarakat bisa mendaftar melalui website program kartu prakerja, yakni www.prakerja.go.id,” jelas Jamila Fitriyastuti, Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan, Produktivitas, Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja di Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PM,PTSP dan Naker) Kabupaten Bondowoso, senin (13/4/2020), melalui pesan Whatsappnya.

Untuk melakukan pendaftaran melalui website program ini, dijelaskannya, hal pertama yang harus dilakukan peserta adalah membuat akun dalam laman website tersebut serta mengisi data diri yang kemudian akan diverifikasi oleh pemerintah pusat.

“Selanjutnya, peserta masih harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit dan juga akan diverifikasi oleh pemerintah pusat. Peserta hanya tinggal menunggu notifikasi via SMS ataupun email, pemberitahuan diterima atau tidaknya dalam program ini,” papar Jamila. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here