Ini Cara Disparpora Bondowoso Tingkatkan SDM Pegiat Wisata

219
Kepala Bidang Pariwisata Adi Sunaryadi didampingi PPK Dispar Intan saat memberikan pemaparan pada acara pelatihan pengembangan Sumberdaya manusia bidang kepariwisataan diaula Hotel Palm

BONDOWOSO – Industri pariwisata di Kabupaten Bondowoso yang berasal dari aspek sumber daya alam dan budaya, memiliki keunggulan komparatif sebagai tempat tujuan wisata. Bondowoso juga memiliki banyak keunggulan dari aspek alam dan budaya sebagai daya tarik wisata yang tidak dimiliki oleh kabupaten lain.

Namun, pengalaman membuktikan bahwa Bondowoso masih kurang dalam kemampuan untuk mengemas dan melayani wisatawan. Jadi, selain pengembangan destinasi wisata secara masif, kunci utama untuk menghadapi dan memenangkan persaingan di industri wisata, terletak pada kesiapan sumber daya manusia (SDM).

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata mengucurkan dana ke seluruh Dinas Pariwisata di berbagai daerah, untuk memberikan pelatihan peningkatan SDM. Terbukti, baru-baru ini, sebanyak 200 pegiat wisata mengikuti pelatihan pengembangan SDM kepariwisataan, yang dibagi menjadi 5 kategori bidang kepariwisataan.

Menurut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Intan mengatakan, Tahun ini Dinas Pariwisata mendapatkan program dari pemerintah pusat dalam rangka meningkatkan SDM di bidang kepariwisataan.

“Kita mendapatkan pengalokasian khusus non fisik, dan kita melakukan 5 kegiatan salah satunya, pelatihan tata kelola destinasi wisata,” urai Intan saat ditemui di kantornya, Jumat (5/7/2019).

Dikatakan Intan, pelatihan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM di bidang kepariwisataan, serta sebagai bentuk komitmen dari Menteri Pariwisata kepada para pegiat wisata di Bondowoso.

“Kita undang pengelola destinasi wisata yang ada di bawah naungan Pemerintah Kabupaten, baik swasta maupun yang dikelola oleh desa melalui Pokdarwis dan dari unsur pemandu wisata,” tuturnya.

Selain itu, Dinas Pariwisata juga melakukan praktek kerja lapang di beberapa destinasi wisata yang ada di Bondowoso, serta praktek kerja lapang di bidang perhotelan.

“Setelah melakukan pelatihan, kita juga ada pendampingan untuk tatakelola homestay. Jadi masyarakat ada pemasukan dari sana,” tukasnya.

Sementara itu, menurut Adi Sunaryadi, Kepala Bidang Pariwisata Disparpora Kabupaten Bondowoso menjelaskan, ada paradigma baru dalam pengembangan pariwisata. Dimana, pariwisata pada awalnya lebih dipandang sebagai kegiatan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi semata.

Padahal, lanjutnya, jika dipahami dari sudut pandang yang lebih luas, pariwisata adalah fenomena perjalanan manusia baik secara individual maupun kolektif, dengan berbagai macam motivasi dan tujuan yang melibatkan berbagai macam keperluan.

“Oleh karena itu, belakangan ini aspek nilai dan etika mulai diperhatikan dalam pembangunan pariwisata, bukan hanya sekedar aspek ekonomi. Bahkan, di kalangan ahli pembangunan, mulai muncul wacana bahwa pembangunan sesungguhnya adalah untuk manusia, sehingga manusia merupakan pusat dan penggerak, sekaligus untuk siapa pembangunan tersebut dilakukan, sesuai dengan konsep people-centered development,” terangnya.

Saat ini, menyangkut persoalan manusia dengan masyarakat, manusia dengan alam, dan bahkan manusia dengan Tuhan, menjadi paradigma baru dalam pengembangan pariwisata.

Alasannya, pariwisata bukanlah suatu kegiatan yang berada di ruang hampa namun bersentuhan langsung dengan hidup dan kehidupan, bersifat sangat dinamis dan kreatif, tidaklah eksklusif, serta pariwisata selalu mempertemukan dua atau lebih kebudayaan yang berbeda.

“Berdasarkan paradigma baru dalam pengembangan pariwisata tersebut di atas maka aspek manusia baik sebagai wisatawan (visitors) maupun sebagai tuan rumah (host) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pengelolaan daerah tujuan wisata,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pelatihan pengembangan SDM bidang kepariwisataan, masing-masing bidang dilaksanakan selama 3 hari. Kegiatan tersebut digelar sejak tanggal 24 Juni hingga 17 Juli 2019. (yudi/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here