Inovasi Agen Lingkungan Zaman Now Ikuti Kovablik 2019

137
Tim juri Kovablik Provinsi Jawa Timur saat meninjau inovasi ‘Agen Lingkungan Zaman Now’ di SMPN 7 Bondowoso (foto : yudi/bharata.co.id)

BONDOWOSO – Inovasi ‘Agen Lingkungan Zaman Now’ yang dipromotori  oleh SMPN 7 Bondowoso, masuk nominasi 25 top inovasi dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) tahun 2019 tingkat Provinsi Jawa Timur.

Inovasi yang mengintegrasikan peran serta siswa-siswi di sektor lingkungan ini, diharapkan bisa mengikuti jejak ‘Geladak Kancil Jawara’ yang telah meraih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik beberapa bulan yang lalu

“Salah satu yang masuk nominasi untuk mengikuti Kovablik tahun 2019 adalah inovasi ‘Agen Lingkungan Zaman Now’ dari SMPN 7 Bondowoso. Tentunya, kami berharap, inovasi ini mengikuti jejak ‘Geladak Kancil Jawara’ yang meraih penghargaan beberapa bulan yang lalu,” urai Harimas, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), disela-sela mengikuti tinjauan tim Juri Kovablik Provinsi Jawa Timur di SMPN 7, Selasa (24/9/2019).

Meski inovasi ‘Agen Lingkungan Zaman Now’ tersebut masih sebatas untuk lingkungan sekolah saja, dirinya sebagai Kepala Dinas merasa yakin dan optimis inovasi yang di bawahi SMPN 7 Bondowoso tersebut bisa meraih TOP 25 inovasi pelayanan publik.

“Meski Inovasi ini masih dalam batas lingkungan sekolah saja, saya yakin menang. Tinggal kita berdoa saja,” tegasnya.

Sementara, menurut Kepala Sekolah SMPN 7 Bondowoso, Jumadi mengungkapkan, inovasi tersebut, merupakan pendidikan membentuk karakter anak untuk meningkatkan jiwa sosial mereka, agar nanti setelah masuk dalam lingkungan masyarakat bisa peduli terhadap lingkungan.

“Kami akan membentuk agen-agen lingkungan baik itu di sekolah, di rumah dan di masyarakat,” ungkapnya.

Lebih jauh, Jumadi mengatakan jika seluruh anak didik di Kabupaten Bondowoso peduli akan lingkungan, maka lingkungan akan menjadi bersih dari sampah.

“Kami selaku tenaga pendidik merasa bangga terhadap anak didik kami yang telah menjadi inisiator bagi lembaga yang lain,” pungkasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here