Insentif Guru Ngaji di Bondowoso Akhirnya Terealisasi

156
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin didampingi Kepala Dinas Dikbud, Harimas dan Sekda Syaifullah saat memberikan arahan sebelum menyerahkan bantuan insentif guru ngaji secara simbolis

BONDOWOSO – Setelah melalui proses panjang, akhirnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso bisa merealisasikan bantuan insentif guru ngaji. Bantuan tersebut bentuk realisasi janji politik pasangan Bupati Salwa Arifin dan Wakil Bupati Irwan Bahctiar saat kampanye.

“Alhamdulillah bantuan insentif guru ngaji tahap pertama bisa kita cairkan,” urai Bupati Salwa usai menyerahkan rekening bantuan insentif guru ngaji tahap pertama di pendopo kantor Kecamatan Kota, Rabu (16/10/2019).

Menurut Bupati, realisasi Bantuan insentif guru ngaji ini, sebesar Rp 1,5 juta ini, bisa direalisasikan pada awal tahun 2019. Dirinya juga mengakui jika realisasinya sudah sangat terlambat, karena banyak kendala dalam proses pendataan administrasi.

“Sebenarnya pemerintah bisa mencairkan kapan saja, dan selalu siap. Tapi, karena masih banyak masalah administrasi, seperti nama, dan alamat sehingga itu yang membuat kita terlambat mencairkan,” tuturnya.

Sementara, menurut Harimas, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) mengatakan, setiap kecamatan di Bondowoso dipastikan ada kendala. Semisal kekeliruan dalam mencantumkan nama dan alamat.

“Sehingga, dalam tahap pencairan, secara langsung belum bisa dipastikan terealisasi semua,” terang mantan Sekretaris DPRD ini.

Namun demikian, ia menambahkan jika data administrasi masih saja ada kekeliruan, akan tetap bisa dicairkan pada tahap berikutnya.

“Seperti yang ada di kecamatan kota ini, dari total jumlah penerima yang ada, data yang valid berjumlah 164 penerima. Maka. Dari data yang belum valid, perlu ada perbaikan, dan secepatnya harus diselesaikan,” tutupnya.

Sekedar diketahui, pencairan insentif kepada 5.435 guru ngaji saat ini masih direalisasikan di 5 kecamatan. Diantaranya Kecamatan Kota, Maesan, Wonosari, Prajekan dan Tenggarang. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here