Irwan Bachtiar : Pramuka Adalah Garda Terdepan Jaga Keutuhan NKRI

Apel Besar HUT Pramuka ke 58

52
Wakil Bupati Irwan Bachtiar juga menyerahkan piagam dan penghargaan kepada para pemenang lomba pramuka dari tingkat kabupaten hingga tingkat Provinsi Jawa Timur

BONDOWOSO – Memperingati Hari Pramuka ke-58 tahun, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bondowoso menggelar Apel Besar dengan tema ‘Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI’ di alun-alun RBA Ki Ronggo, Rabu (14/8/2019).

Pada kesempatan tersebut, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat berharap agar, seluruh anggota Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Bondowoso untuk selalu mengisi masa muda dengan hal yang positif serta produktif.

Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatan di luar ruangan akan terus memperkuat menjaga keutuhan NKRI. Sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi Perekat dan siap membangun keutuhan NKRI. 

“Karena itu, Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah, dan menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” terangnya.

Tujuan dari kegiatan pramuka itu sendiri, lanjut wabup, sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda jaman sekarang ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku.

“Dengan begitu, maka akan diperoleh suatu anggota pramuka yang memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana dan menjadikan manusia yang memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada NKRI. Sehingga para generasi penerus bangsa akan berguna dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara,” cetusnya.

Sembari meneriakkan ‘salam pramuka’, Irwan Bachtiar juga berpesan kepada segenap anggota Gerakan Pramuka Kabupaten Bondowoso untuk terus berkreasi, berkaya dalam wadah Gerakan Pramuka serta mengisi waktu muda dengan kegiatan yang positif dan produktif.

“Karena saya yakin generasi mudah Indonesia adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi yang kreatif, generasi petarung, dan bukan generasi pecundang,” pesannya.

Di akhir sambutannya, Irwan Bachtar kembali mengajak semua insan pramuka di Kabupaten Bondowoso untuk merefleksi diri kepada hymbe pramuka yang menandakan bahwa Pramuka Indonesia adalah manusia Pancasila.

“Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan agar jaya Indonesia. Jadilah Patriot bangsa yang tetap kokoh menghayati dan mengamalkan Pancasila, menjaga Bhinneka Tunggal Ika demi kejayaan NKRI. Pancasila adalah dasar kita bernegara. Pancasila adalah pemersatu Bangsa. Pancasila adalah rumah kita bersama,” pungkasnya.

Dalam kesempatan apel besar tersebut, Wakil Bupati Irwan Bachtiar juga menyerahkan piagam dan penghargaan kepada para pemenang lomba pramuka dari tingkat kabupaten hingga tingkat Provinsi Jawa Timur. (yudis/**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here