Islam Nusantara dan Konflik Antar Negara

Oleh : Tutut Ariani (Content Creator dan Pegiat Literasi, Sidoarjo)

129
Ilustrasi

BELAKANGAN ini media di hebohkan dengan tagline “Islam Nusantara”. Mulai dari pejabat negara, cedekiawan atau masyarakat umum, semua sedang riuh mendiskusikannya.

Menakjubkannya lagi, banyak kalangan yang meng-klaim bahwa Islam Nusantara sudah merambah ke negeri-negeri bentang benua. Misanya Amerika Serikat, Eropa, Asia, bahkan hingga Amerika Latin.

Seperti yang dilansir oleh salah satu media online, salah satu media di London, memuat sebuah tulisan yang mengangkat tema, Islam Nusantara adalah gerbang penghantar masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang toleran.

Bahkan hal ini dibuktikan dengan beberapa potret kearifan muslim indonesia yang toleran melalui kegiatan-kegiatan kaum muslim di Indonesia. Seperti Nahdhatul Ulama dan Muhamadiyah.

Bukan hanya itu, menariknya lagi tagline Islam Nusantara ini mungkin akan segera bersaing dengan tagline lain. Faktanya saat ini pemerintahan perancis juga sedang mempersiapakan proyek besar. Proyek ini sudah dikerjakan sejak tahun 1980 dan masih tetap digarap hingga sekarang. Mereka yakin kali ini berhasil dan rampung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here