Jaga Kamtibmas, Pemkab, Polres, TNI, serta Elemen Masyarakat Situbondo Deklarasi Damai

11

SITUBONDO – Forkopimda bersama seluruh elemen masyarakat Situbondo terdiri dari ulama dan umaro, serta para tokoh masyarakat, pimpinan Perguruan Tinggi, para Kepala Sekolah SMA, SMK Negeri dan Swasta se-kabupaten Situbondo menggelar silaturahmi dan Deklarasi Damai menolak adanya pengerahan massa, Senin (30/9/2019).

Deklarasi damai yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Situbondo, dihadiri oleh Bupati H. Dadang Wigiarto, SH., Wabup Ir. H. Yoyok Mulyadi, MSi, Kapolres AKBP Awan Hariono, SH, SIK, MH, Dandim 0823 Letkol Inf Ahmad Juni Toa, SE, MI.Pol., Kepala Kejaksaan Negeri Nur Slamet, SH, M.Hum, Ketua Pengadilan Negeri Hj. Toetik Ernawati, SH, MH, Ketua DPRD Edy Wahyudi, SE.

Tampak hadir pula Sekda Situbondo, Drs. H. Syaifullah, MM., Ketua MUI KH. Syaiful Muhyi,  Ketua FKUB KH. Yusron Sofrowi, beserta Pengurus., Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Bondowoso – Situbondo, Drs. Mahrus Syamsul, M.Pd., Kepala Kemenag Drs. H. Misbahul Munir, M.Ag., Jajaran OPD, PJU Polres Situbondo, Ulama dan Umaro serta Tokoh Masyarakat se-Kabupaten Situbondo., Rektor Perguruan Tinggi Kab. Situbondo dan Kepala Sekolah Tingkat SMA, MA dan SMK se-Kabupaten Situbondo.

Kapolres menyampaikan kegiatan silaturahmi dan deklarasi damai ini dilaksanakan menyikapi situasi kamtibmas terutama ajakan-ajakan kepada masyarakat, kelompok masyarakat, pelajar, mahasiswa untuk datang mengikuti unjuk rasa di Jakarta. Diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat di Situbondo tetap menjaga persatuan dan kesatuan, bersinergi, saling mendukung melalui peran dan tugas masing-masing demi kemajuan pembangunan di Kabupaten Situbondo.

“Kami apresiasi terhadap Mahasiswa di Situbondo yang telah melaksanakan aksi demo penolakan terhadap RUU KUHP dan UU KPK dengan tertib, aman, damai dan tidak anarkis,“ kata AKBP Awan Hariono.

Usai sambutan, Forkopimda bersama-sama seluruh yang hadir membacakan deklarasi damai yang isinya Deklarasi Damai Ulama dan Umaro, serta para Tokoh Masyarakat, Pimpinan Perguruan Tinggi, para Kepala Sekolah SMA, SMK Negeri dan Swasta se-Kab. Situbondo untuk menjaga Keutuhan dan Persatuan di Kab. Situbondo

“Kami siap mewujudkan kedamaian daerah dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia bersdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Kami menolak adanya pengerahan massa atau unjuk rasa yang berujung pada perpecahan, pengrusakan, kekerasan dan sara. Kami menolak segala bentuk berita bohong (hoax) yang menimbulkan rasa kebencian, permusuhan, yang berlatar belakang suku, agama, rasa dan antar golongan,” begitu isi deklarasi damai tersebut.

Setelah membacakan deklarasi, Forkopimda bersama seluruh elemen masyarakat, Ulama, Umaro, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Perguruan Tinggi, para Kepala Sekolah SMA, SMK menandatangani papan deklarasi damai. (Sony)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here