Jaringan Internet di Bondowoso Jadi Kendala Sensus Penduduk Online

90
Wabup Irwan saat diwawancarai media usai melakukan uji coba sensus penduduk secara online di wisma Wabup

BONDOWOSO – Jaringan internet di Kabupaten Bondowoso, masih menjadi kendala sensus penduduk tahun 2020 berbasis online. Pasalnya, saat ini masih ada wilayah yang terisolir jaringan internet atau blank spot.

Menurut Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat, dari 219 titik yang ada di Kabupaten Bondowoso, hanya 160 yang normal jaringan internetnya. Sedangkan sisanya masih blank spot.

“Hasil percobaan yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) terkendala karena signal,” ungkap wabup Irwan usai menerima kunjungan BPS di Wisma Wabup, Selasa (3/3/2020).

Dikatakan Wabup Irwan, masalah jaringan harus dikedepankan lagi, karena tanpa akses internet, maka pendataan yang dilakukan oleh petugas sensus akan banyak mengalami kendala, sehingga bisa menghambat target BPS untuk menyelesaikan sensus penduduk di tahun ini.

“Sudah saya sampaikan kepada BPS area yang tidak terjangkau internet, akan menghambat proses pendataan sensus penduduk,” ujarnya.

Dirinya berharap, BPS segera melakukan tindak lanjut untuk mengatasi kendala yang ada, sehingga pencapaian sensus penduduk tahun 2020, sudah rampung dan terealisasi sesuai target.

“Hal ini juga harus difikirkan oleh BPS, sehingga prosesnya bisa secara manual dan nanti pengisian datanya mungkin tersentral di kantor BPS,” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here