Jelang Hari Pers Nasional, Ini Pesan Irwan Bachtiar kepada Insan Pers

247
Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar saat diwawancarai sejumlah insan pers

BONDOWOSO – Menjelang Hari Pers Nasional, yang bakal dirayakan di Jawa Timur pada 9 Februari 2019 mendatang, Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar mengajak semua insan pers di Kota Tape untuk bersinergi dengan pemerintah.

“Sebagai mitra kerja pemerintah dan juga sebagai kontrol sosial, pers atau media diharapkan agar selalu bersinergi dalam pemberitaan,” kata Irwan Bachtiar, Rabu (23/1/2019).

Namun, dirinya juga berharap agar insan pers tidak hanya memuat pemberitaan yang bagus saja, akan tetapi pers harus mampu menyajikan berita kritis yang solutif dan bertumbuh kembang menghentikan penyebaran berita hoax.

“Sebagai mitra pemerintah, pers jangan hanya menuliskan yang bagus-bagus saja, apa yang ditemukan dilapangan kalau itu memang tidak baik sampaikan apa adanya dan didukung dengan bukti,” kata Wakil Bupati Bondowoso saat dikonfirmasi beberapa media usai Rapat Paripurna di Gedung DPRD.

Menurutnya, pemerintah mempunyai suatu keinginan besar untuk membangun Bondowoso lebih baik lagi kedepannya. Bahkan, peran insan pers melalui berbagai media, tidak hanya sebagai kontrol sosial, akan tetapi juga menjadi sarana untuk menginformasikan keberhasilan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah.

“Karena insan pers adalah bagian dari pilar untuk membangun bangsa, sehingga teman-teman pers sebagai fungsi kontrol harus betul-betul dilakukan. Selain itu,  jika tidak ada pers lantas siapa yang akan menginformasikan penyampaian visi misi dan keberhasilan pemerintah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wabup Irwan menyampaikan agar pers tidak mudah membuat pemberitaan yang tidak benar kenyataannya atau yang lebih dikenal sebagai berita hoaks.

“Kita harapkan kepada pers atau media jangan gampang membuat berita hoax yang tidak sesuai dengan fakta yang ada,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here