Jelang Pemilu 2019, Disdukcapil Bondowoso Sasar Penduduk Tak Ber-KTP

150
Rapat Koordinasi (Rakor) Pelayanan Administrasi Penduduk (Adminduk) di Sabhabina Praja 2

BONDOWOSO – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bondowoso menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pelayanan Administrasi Penduduk (Adminduk) di Sabhabina Praja 2, Selasa (9/4/2019).

Rakor tersebut digelar lantaran masih ada penduduk Kabupaten Bondowoso yang belum memiliki adminduk seperti KTP, Kartu Keluarga (KK) dan lainnya.

“Kita lakukan penekanan agar masyarakat yang sama sekali belum memiliki adminduk agar segera mengurus. Karena ini syarat inti sebagai Warga Negara Indonesia (WNI),” jelas Kepala Bidang (Kabid) Pendaftaran Kependudukan di Disdukcapil Kabupaten Bondowoso, Nunung Listiyawati.

Penekanan tersebut juga dilakukan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 baik Pilpres maupun Pileg, agar masyarakat yang sudah memiliki hak pilih dalam pesta demokrasi yang digelar 5 tahun sekali ini, tidak kehilangan hak suaranya waktu pemilihan.

“Penekanan yang kami maksud adalah, masyarakat yang sama sekali belum memiliki identitas resmi. Seperti masyarakat yang sama sekali belum pernah melakukan perekaman e-KTP. Contohnya, baru memasuki umur 17 tahun. Juga mereka yang waktu kita jemput bola melakukan perekaman ke desa-desa, tidak bisa melakukan karena ada kepentingan atau masih bekerja,” jelas Nunung.

Kedepan, disampaikan Nunung, pihaknya melalui perangkat desa yang diundang dalam rakor pelayanan adminduk ini akan mengingatkan kembali kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman.

“Kita minta agar segera melakukan perekaman di Disdukcapil,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Rakor Pelayanan Adminduk tersebut mengundang seluruh perwakilan Desa di Kabupaten Bondowoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here