Jelang Pergantian Musim, BPBD Imbau Masyarakat agar Tanggap Bencana

152
Kepala BPBD setempat, Kukuh Triyatmoko saat dikonfirmasi oleu mas IChuk

BONDOWOSO- Memasuki pergantian musim yang diprediksi terjadi di akhir bulan Maret hingga akhir April 2019, Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso memprediksi bakal terjadi bencana di beberpa titik rawan.

Oleh karena itu, Kepala BPBD setempat, Kukuh Triyatmoko, menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk selalu waspada terhadap bencana banjir dan longsor.

“Kita harap kepada masyarakat untuk waspada dan selalu melakukan mitigasi khususnya terhadap saluran- saluran air, kemudian pohon-pohon yang terlalu rindang yang terletak didekat rumah tolong dipangkas,” imbaunya saat dikonfirmasi usai mengikuti upacara HUT Satpol PP di halaman Pemkab Bondowoso, Senin (18/3/2019).

Dari data yang disebutkan BPBD, bencana yang melanda Kabupaten Bondowoso saat ini adalah, angin puting beliung, pohon tumbang dan banjir yang diprediksi banyak terkjadi di disepanjang jalan menuju ke Kecamatan Ijen.

“Sebenarnya dikota juga ada, tapi terbanyak berada di jalan kawasan menuju Kecamatan Ijen. Disana ada sekitar 20 titik rawan tanah longsor dan pohon tumbang,” paparnya.

Ia meminta bantuan dan koordinasi antara instansi lintas sektoral, khusunya pihak kecamatan dan desa agar dapat bekerjasama menginformasikan hal tersebut, kepada seluruh masyarakat di desa masing-masing apabila ada tanda-tanda ataupun telah terjadi bencana.

“Kita telah menggunakan alat komunikasi jaringan untuk melakukan pemantauan, jadi kita harapkan ada kerjasama dari instansi terdekat,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here