Jelang Ramadhan, Bulog Bondowoso Pastikan Stok Beras Aman

195
Dadan, Wakasub Divre Bulog Bondowoso saat dikonfirmasi

BONDOWOSO- Mendekati bulan suci ramadhan, Badan Urusan Logistik(Bulog) Sub Divisi Regional (Subdivre) Bondowoso memastikan bahan stok bahan pangan hingga hari raya Idul Fitri aman.

“Untuk ketersediaan stok pangan menjelang bulan puasa ini sangat mencukupi dan kita pastikan aman,” urai Wakil Kepala Sub Divre Bulog Bondowoso, Dadan, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (24/4/2019).

Di sisi lain, untuk menambah ketersediaan bahan pangan, Bulog tetap melakukan penyerapan gabah agar stok pangan benar-benar terjaga. Bulog memastikan seluruh bahan pangan menjelang ramadhan dalam posisi aman baik dari stok maupun harga stok pangan saat ini.

“Prediksi kami, bisa mencukupi 7-8 bulan kedepan. Apalagi saat ini kan musim panen, tentu saja kita tetap melakukan penyerapan beras gabah untuk menambah ketersediaan stok pangan,” tuturnya.

Lebih jauh, Dadan mengungkapkan jika serapan gabah pada saat ini berkisar 235 ton dari petani yang ada gudang Bondowoso dan Situbondo. Kendati demikian, untuk menjaga stabilitas harga pihaknya telah berupaya melakukan operasi pasar di seluruh pasar di Kabupaten Bondowoso.

“Kita tetap lakukan operasi itu setiap hari dengan menawarkan ke pasar-pasar agar stabilitas harga tetap terjaga. Meskipun ketersediaan stok kita berkisar 14 ribu ton dengan beras medium dan premium, tapi kita tetap melakukan penyerapan karena saat ini serapan kita sekitar 235 ton tahun 2019 ini,” ujarnya.

Namun begitu, jika terjadi kenaikan harga pada saat bulan puasa ataupun Hari raya nanti, Pihaknya mengaku siap untuk melakukan operasi pasar ketingkat yang lebih bawah.

“Kalau ada kenaikan harga kita akan lebih terjun lagi, semisal saat ini kita terjun kepedagang maka kita akan terjun langsung kepedagang dan kemasyarakat, seperti kelokasi-lokasi perumahan atau kelokasi yang ramai dikunjungi masyarakat,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here