Jembatani Petani dan Konsumen, Diperta Bondowoso Gelar Pasar Tani

19
Salah satu stand petani yang menawarkan aneka sayuran kepadapembeli dalam Pasar Tani

BONDOWOSO– Dinas Pertanian dan Peternakan (Diperta) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso kembali menggelar Pasar Tani tahun 2019, di depan Kantor Diperta, Jumat (11/10/2019).

Konsep Pasar Tani yang memamerkan hasil panen petani ini, tak jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya, dengan menyediakan stok produk hasil pertanian yang dipasarkan secara umum oleh Diperta.

“Konsepnya memang tak jauh beda dengan sebelumnya, dan tidak perlu dirubah karena fungsinya sama untuk menjembatani petani dan pelaku pertanian kepada konsumen secara langsung. Kita tidak berpretensi menggantikan pasar yang reguler,” ungkap Kepala Bidang Holtikultura, Winarto.

Menurutnya, selain untuk menjembatani para konsumen dengan produsen, kegiatan tersebut juga untuk memberikan ilmu baru bagi pegiat pertanian agar bisa saling bertukar informasi dengan pegiat pertanian yang lain, sehingga masyarakat bisa bertransaksi dengan para produsen.

“Kita bisa tahu preferensi konsumen itu seperti apa yang diinginkan, itu harapan kita,” tuturnya.

Lebih jauh, mantan Kabid di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BBPD) tersebut menegaskan, Pasar Tani yang digelar delapan kali dalam setahun tersebut, hanya diprioritaskan di wilayah perkotaan saja.

“Ini sebagai wujud memanjakan konsumen agar bisa secara datang ke tempat Pasar Tani. Kalau kita ke Desa-desa waktu kita tidak cukup, meski begitu kalaupun kita menggelar Pasar Tani di desa, hanya saat momen tertentu saja,” tandasnya.

Sekedar diketahui, Pasar Tani tidak melibatkan para tengkulak yang biasanya berinteraksi seperti di pasar-pasar. Kegiatan tersebut hanya diprioritaskan bagi produsen yang memasarkan produknya secara langsung kepada konsumen. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here