Kapasitas Plt Inspektur Dipertanyakan, Ini Penjelasan Bupati Bondowoso

167
Bupati KH Salwa Arifin saat dikonfirmasi usai menandatangani MoU penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara (TUN) dengan Kajari

BONDOWOSO – Tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, saat ini masih dipimpin oleh Pelaksana tugas atau biasa disebut dengan Plt, lantaran Kepala OPD definitif tersebut telah purna tugas atau memasuki masa pensiun.

Yang menarik, Bupati KH Salwa Arifin justru mengungkap jika kapasitas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), yang ditunjuk menjabat Plt Inspektur, dipertanyakan oleh banyak kalangan.

“Contohnya, Plt Inspektur yang menjabat adalah Kepala Bappeda, yakni, Bu Farida. Memang, ada yang mempertanyakan tentang kapasitasnya,” katanya usai menandatangani MoU penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara (TUN) dengan Kajari, Senin (4/5/2020) di pendopo.

Kendati demikian, Bupati Salwa meyakini jika Farida bisa melaksanakan tanggungjawabnya sebagai Kepala Bappeda dan Plt Inspektur. Pasalnya, penunjukan tersebut telah melalui berbagai pertimbangan, dan dianggap mampu, meskipun masih ada yang mempertanyakan tentang kapasitasnya.

“Disatu sisi, dia (farida, red) yang merencanakan dan disisi lain dia juga yang mengawasi. Tapi saya yakin, dia masih bisa memposisikan diri dan bisa memilah kapasitasnya, baik di Bappeda maupun di Inspektorat,” papar Bupati Salwa.

Secara keseluruhan, diakui Bupati Salwa Arifin, bahwa semua OPD yang saat ini dipimpin oleh seorang Plt, tidak mengganggu jalannya roda pemerintahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Selama yang menjabat sebagai Plt itu memiliki semangat serta tanggung jawab tinggi, saya rasa tidak menjadi masalah,” pungkasnya.

Seperti diketahui, tujuh OPD yang dipimpin oleh seorang Plt, diantaranya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Perpustakaan dan Kearsipan, Bakesbangpol dan Inspektorat. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here