Kasus Covid-19 di Bondowoso Bertambah, Sebagian Diisolasi di RS Paru

52
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bondowoso, M Imron, saat menggelar Press Conference di aula DInas Kesehatan

BONDOWOSO – Jumlah pasien positif Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Bondowoso terus bertambah.

Kini, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) menjadi 8 orang. Sedangkan yang telah dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 7 orang.

“Dari update sebelumnya, sudah bertambah 4 orang yang dinyatakan positif Covid-19,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bondowoso, M Imron, saat menggelar Press Conference, Minggu (10/5/2020).

Dikatakan pria yang juga juru bicara (jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bondowoso ini, 7 orang yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut berasal dari dua cluster, yakni, bertempat tinggal di Maesan dan Nangkaan.

“Untuk dua pasien yang berasal dari Maesan ini merupakan santri yang mondok di Ponpes Al Fatah, Temboro, Magetan. Itu dari hasil rapid test dan kini sudah diisolasi di Rumah Sakit Paru. Sedangkan, yang dari Nangkaan bertambah 2 kasus dari sebelumnya yang terkonfimasi positif sebanyak 3 orang dan ini merupakan satu keluarga. Jadi jumlah kasus yang Nangkaan totalnya 5 orang terkonfirmasi positif Covid-19,” papar M Imron.

Dikatakan M Imron, 7 orang yang terkonfimasi positif Covid-19 tersebut telah dilakukan isolasi sesuai protokol dan SOP yang ditentukan tim medis.

Namun demikian, hanya 2 orang positif Covid-19 yang dirawat di RSUD dr Koesnadi Bondowoso, dikarenakan ruang isolasi sudah penuh dan hanya diperuntukkan bagi pasien positif Covid-19 yang memiliki penyakit bawaan.

“Untuk 5 kasus Covid-19 lainnya, saat ini diisolasi di RS Paru di Desa Pancoran. Itu karena hasil rapid test-nya positif baik ada gejala maupun tidak ada gejala,” pungkas M Imron.

Untuk diketahui, di Kabupaten Bondowoso, jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) berjumlah 1025 orang, dengan rincian, 935 orang sudah selesai masa pantau dan dinyatakan tidak ada indikasi gejala Covid-19. Sedangkan 87 orang lainnya, masih dalam proses pemantauan. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here