Kecamatan Ijen Diterjang Banjir Bandang Lagi

117
Banjir bandang kedua yang lebih besar dibandingkan banjir yang terjadi pada Januari 2020 silam (foto : istimewa)

BONDOWOSO – Banjir bandang yang membawa material lumpur, pasir, batu dan kayu kembali menerjang Desa Sempol dan Desa Kalisat Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Sabtu (14/3/2020) sore.

Intensitas air yang bercampur pasir dan lumpur kali ini lebih besar, dibandingkan banjir bandang yang terjadi pada 29 Januari 2020 silam. Bahkan, rumah warga di Dusun Sempol yang dulunya tidak terdampak, kini juga terendam banjir.

Sekretaris Kecamatan Ijen, Saudia Yourdan Islami Taufik, melalui pesan Whatsappnya membenarkan jika saat ini banjir yang datang lebih besar daripada banjir yang terjadi pada akhir Januari silam.

“Lebih besar yang sekarang airnya. Cuma, terdampaknya beda. Yang sekarang malah sampai pemukiman warga di belakang Polsek Ijen juga terendam,” katanya Sabtu (14/3/2020).

Hal senada juga dikatakan oleh Kepala Desa Sempol. Hartono kepada media ini menerangkan jika banjir saat ini lebih besar 3 kali lipat dibandingkan dengan sebelumnya.

“Dampaknya lebih besar. Karena banjirnya 3 kali lebih besar dari sebelumnya. Untuk kerugian dan korban masih belum kami identifikasi, karena banjir masih berlangsung,” terangnya sembari memantau warga.

Selain Desa Sempol, dampak terparah dari banjir bandang sebelumnya terjadi di Desa Kalisat, tepatnya di Dusun Kampung Baru. Sementara, Aswito Kepala Desa Kalisat menerangkan, untuk debit air banjir bandang kedua ini jauh lebih besar ketimbang banjir sebelumnya.

“Kalau banjirnya lebih besar sekarang. Tetapi tidak begitu banyak membawa material seperti kayu dan batu. Untuk rumah yang rusak, ya rumah huntara itu. Yang kemarin diperbaiki dengan bantuan kalsibot. Bahkan, ada yang baru sehari ditempati sudah rusak lagi. Sedangkan untuk korban jiwa tidak ada,” tukasnya.

Sebelumnya, banjir bandang di Kecamatan Ijen yang menerjang dua desa juga terjadi pada 29 Januari 2020 lalu. Akibatnya, sebanyak 135 rumah di Desa Kalisat dan 80 rumah di Desa Sempol terdampak banjir bandang tersebut. Bahkan, ratusan ternak kambing dan sapi juga terdampak. (rzq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here