Kecamatan Tlogosari Terus Berinovasi

170
Camat Tlogosari Dodik Siregar, saat memaparkan inovasi desa kepada Wakil Bupati Bondowoso dalam acara Bursa Inovasi Desa

BONDOWOSO – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang meluncurkan Program Inovasi Desa (PID), menjadi strategi untuk mengembangkan kapasitas desa secara berkelanjutan.

PID ini juga diproyeksikan untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, yang lebih inovatif serta peka terhadap kebutuhan masyarakat. 

Untuk mengembangkan potensi desa inilah, kemudian lahirlah Bursa Inovasi Desa (BID), yang dalam jangka menengah, akan mendorong produktifitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan, serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejateraan sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian desa.

Melalui BID, pemerintah kabupaten terus menjaring dan memberikan wadah bagi setiap desa dalam mempromosikan, inovasi, kreativitas, karya, produk dan program unggulan.

Di Kabupaten Bondowoso, melalui pembinaan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), puluhan desa di beberapa kecamatan dibentuk sebuah cluster dalam mengembangkan potensinya masing-masing.   

Tahun ini, BID cluster 3 yang meliputi 46 desa di Kecamatan Pujer, Tamanan, Tlogosari, Sukosari, Sumber Wringin dan Ijen, berinovasi dan memamerkan, produk unggulannya.

Semisal Kecamatan Tlogosari yang terus mengembangkan sumberdaya manusia, dengan melibatkan para pemuda. Bahkan, Desa Jebung Kidul Kecamatan Tlogosari, saat ini tengah mengembangkan wisata kuliner bertajuk kampung bebek.

Dodik Siregar, Camat Tlogosari saat dikonfirmasi usai acara Bursa Inovasi Desa (BID)

Dodik Siregar, Camat Tlogosari yang menjadi inisiator pengembangan Desa Jebung Kidul menjadi kampung bebek mengatakan, potensi ternak bebek di wilayah setempat, sangat mendukung pengembangan wisata kuliner di Kecamatan Tlogosari.

“Kampung bebek ini nantinya kita kembangkan melalui dukungan anggaran dari dana desa, sehingga potensi ini nantinya bisa berimbas pada peningkatan penghasilan dan ekonomi masyarakat. Hal ini yang akan kita fokuskan ke depan,” katanya usai mengikuti Bursa Inovasi Desa di Desa Jebung Kidul, Selasa (20/8/2019).

Tak hanya itu, potensi di bidang olahraga juga menjadi faktor penting untuk pengembangan pemuda di Kecamatan Tlogosari. Dodik Siregar optimis dukungan dari dana desa untuk menyediakan sarana dan prasarana olahraga di wilayahnya sangat penting.

“Untuk Kecamatan Tlogosari. kita bangun para pemuda dari pengembangan sektor olahraganya. Pemuda disini banyak yang memiliki potensi dalam olahraga futsal. Oleh karena itu, nanti kita akan bangun lapangan futsal di Tlogosari,” terangnya.

Dodik berharap, dengan adanya BID tersebut dapat meningkatkan kemampuan desa yang ada di Kecamatan Tlogosari, agar terus berinovasi sebagai wujud sinergitas antara pemerintahan desa dan kabupaten sehingga visi misi bupati dan wakil bupati menuju Bondowoso Melesat bisa tercapai.

“Diharapkan semua desa yang ada di Kecamatan Tlogosari tidak hanya mengalokasikan untuk sektor ekonomi saja, akan tetapi dari sektor infrastruktur, olahraga dan wisata bisa dikembangkan untuk Bondowoso Melesat,” pungkasnya. (yudi/rzq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here