Kembangkan Sektor Perkopian, Bupati Bondowoso Teken MoU Klaster Kopi

352
Bupati Amin Said Husni saat meneken MoU Klaster KOpi bareng Sekjen Kementan, Bank Indonesia, Perhutani, Puslitkoka Jember dan Bank Jatim

BONDOWOSO– Bondowoso yang dulunya belum dikenal, kini mulai kesohor sebagai Kabupaten penghasil kopi bercitarasa tinggi, sejak dideklarasikannya Bondowoso Republik Kopi.

Melihat potensi tersebut, Bupati Bondowoso Amin Said Husni terus mengembangkan dan memperluas lahan pertanian kopi di wilayah Kecamatan Sumber Wringin, lereng gunung Ijen, di kaki gunung Raung dan gunung Argopuro.

Beberapa kawasan tersebut menjadi sasaran bagi Pemkab Bondowoso untuk dijadikan kawasan klaster kopi yang melibatkan beberapa pihak, seperti Perhutani sebagai pemilik lahan, petani kopi sebagai pengelola dan pemerintah.

“Alhamdulillah saya mendapat dukungan dari perhutani. Kemudian sayap saya di Sumber Wringin dan sekitarnya, bahkan, dikawasan lereng gunung Ijen bisa memanfaatkan lahan dan ini terus berkembang dan sampai saat ini 14 ribu hektare,” tutur Bupati yang juga sebagai presiden republik kopi saat talk show di acara Festival Kopi Nusantara ketiga, Sabtu malam (25/8/2018).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here