Kenalkan Budaya Indonesia, KKN Tematik Internasional UMM Ajarkan Tarian Yamko Rambe Yamko di Thailand

Oleh : Riko Ratna Setiawan

62
Siswa-siswi Sritan Municipal School Khon Kaen Thailand saat berlatih tarian Yamko Rambe Yamko asal Papua

SEBAGAI upaya untuk menambah wawasan, pengalaman dan menuju World Class University, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengirimkan sejumlah mahasiswa ke negara Gajah Putih, Thailand.

Mereka mahasiswa UMM, datang ke Thailand untuk mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Internasional. Sebanyak 19 mahasiswa UMM yang dibimbing oleh Muhammad Kamil, melakukan kegiatan KKN Internasional di Provinsi Khon Kaen, Thailand.

Sritan Municipal School Khon Kaen merupakan salah satu tempat pengabdian yang dilakukan oleh seluruh peserta KKN Tematik Internasional dengan berbagai kegaitan, sejak 8 Januari hingga 26 Maret 2020.

Salah satu kegiatan yang dilakukan mahasiswa UMM ini diantaranya mengajarkan tarian tradisional Indonesia, Yamko Rambe Yamko yang berasal dari Bumi Cendrawasih, Papua.

Menurut Riko Ratna Setiawan, salah satu mahasiswa UMM mengatakan, Tari Yamko tergolong tarian kelompok, yang juga dapat dilakukan secara kolosal dalam jumlah banyak.

“Tarian ini bisa dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan,” ujarnya, Senin (24/2/2020).

Lebih lanjut, Riko Ratna Setiawan menambahkan, tari Yamko Rambe Yamko sendiri memiliki makna sebagai semangat berperang, dengan menggunakan gerakan yang cukup energik dan lompatan-lompatan didalamnya.

“Sebagian peneliti berpendapat bahwa, tarian ini sangat baik untuk motorik anak-anak. Sehingga tarian ini banyak diajarkan ke anak didik usia Taman kanak-Kanak,” imbuhnya.

Sementara, Ketua KKN Tematik Internasional UMM, Maulana Ilham Putra Resgy menuturkan, siswa yang diajari tarian Yamko Rambe Yamko ini terlihat begitu antusias dan semangat menghafal gerakan demi gerakan yang diperagakan oleh peserta KKN dari UMM.

“Kami ingin mengenalkan budaya Indonesia melalui tari tradisional Yamko Rambe Yamko kepada siswa Sritam Municipal School, Thailand, agar masayrakat di Thailand lebih mengenal lagi berbagai kebudayaan yang ada Indonesia,” ujar Resgy.

Sementara, Kepala Sritan Municipal School menjelaskan, puncak dari latihan tari tradisional ini nantinya akan digelar dalam event Cultural Exhibition yang berlokasi di Aula Terbuka Sritan Municipal School. Bahkahn lanjutnya, acara tersebut akan dihadiri oleh seluruh orang tua siswa dan juga beberapa pejabat pemerintah dikalangan Provinsi Khon Kaen, Thailand.

“Kegiatan Cultural Exhibition ini merupakan salah satu agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Sritan Municipal School yang memiliki tujuan untuk mengasah kemampuan siswa dibidang kesenian. KKN dari adik-adik UMM ini merupakan salah satu perpaduan kebudayaan dari dua negara yang akan menjadi perpaduan yang sangat unik jika bisa dikombinasikan,” pungkas Kepala Sritan Municipal School. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here