Khofifah : Zakat Produktif Diharapkan Mampu Memutus Mata Rantai Rentenir

48

BONDOWOSO – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyalurkan santunan kepada 200 anak yatim dan 100 zakat produktif untuk modal bagi pelaku usaha ultra mikro dari badan Amin Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Timur, di pendopo Bupati Bondowoso, Sabtu (30/4/2022).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Baznas Jawa Timur, Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin beserta seluruh jajaran Forkompinda. Tampak pula wajah sumringah dari ratusan anak yatim dan pelaku usaha ultra mikro yang mendapat bantuan.

Pembagian santunan dari zakat produktif ini, sebenarnya menjadi agenda rutin yang dilakukan oleh Gubernur bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Baznas. Mereka berkeliling ke semua kota/kabupaten se Jawa Timur untuk menyalurkan santunan tersebut.

“Ini sebenarnya program kemitraan antara Pemprov Jatim DNA Baznas. Kita sudah muter dan mendistribusikan santunan dan bantuan zakat produktif kepada pelaku usaha ultra mikro,” kata Gubernur Khofifah Indar Parawansa, usai membagikan santunan di pendopo Bupati Bondowoso.

Zakat produktif untuk pelaku usaha ultra mikro, menurut Khofifah, diharapkan menjadi pemutus mata rantai antara rentenir yang mencekik para pelaku usaha disaat kekurangan modal usaha. Selain itu Pemprov Jatim juga tengah menyiapkan bantuan modal bagi pelaku usaha ultra mikro.

“Tahun ini, Pemprov menyiapkan pinjaman modal dengan bunga rendah melalui BPR Jatim. Jadi untuk pelaku usaha ultra mikro dan mikro bisa meminjam modal maksimal Rp 10 juta dengan bunga 3 persen per tahunnya. Selisihnya juga ditopang dari APBD Provinsi Jatim,” jelas Gubernur.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah juga memberikan bantuan kepada puluhan tukang becak yang sering mangkal di kawasan kota Bondowoso. Tampak hadir bersama Gubernur, Bupati Bondowoso beserta Forkopimda Kepala Bakorwil Jember, Kepala Bapenda Provinsi Jatim dan Karo Kesra Setda Provinsi Jatim. (rzq)

Artikulli paraprakPolres Bondowoso Undi Vaksinasi Berhadiah Motor
Artikulli tjetërIni Lima Cara Kapolres Bondowoso Amankan Malam Takbir dan Sholat Idul Fitri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini