Kirap Api Porprov, Bupati: Blue Fire Simbol Semangat Atlit Bondowoso

21

BONDOWOSO – Pagelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke VII yang digelar di Kabupaten Bondowoso, Situbondo, Jember dan Lumajang, memberikan kesan tersendiri dibandingkan pagelaran Porprov sebelumnya.

Tahun ini, api Porprov berasal dari api abadi yang diambil langsung dari Gunung Ijen, yaitu blue fire. Api biru ini hanya ada dua di dunia, yaitu di Gunung Ijen Jawa Timur dan gunung di Islandia

Api biru yang hanya satu-satunya di Asia ini, diambil tanggal 20 Juni 2022 dini hari oleh beberapa atlit dan panitia Porprov di Dinas Pariwisata Kebudayan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bondowoso.

Kemudian, kirab api Porprov VII Jatim ini dimulai dari Pos Paltuding Kawah Ijen Bondowoso, dilanjut ke Kecamatan Ijen, Kampung Kopi Kluncing bertemu tim dua dan ke Kecamatan Ijen.

Kemudian dilanjutkan melewati pasar Wonosari ke selatan menuju Kecamatan Pujer, ke Wisma Wabup bertemu tim tiga dan dilakukan pelepasan oleh Wabup Irwan. Lalu ke Kecamatan Bondowoso dan finish di Pendopo Bupati, bersama 416 atlit asal Bondowoso.

Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin mengatakan, kirab obor api ini merupakan bagian dari rangkaian dimulainya ajang Porprov keVII di Jawa Timur. Pihaknya berkomitmen akan memberikan yang terbaik demi kesuksesan ajang olahraga antar Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur ini.

“Kobar semangat api abadi ini akan menjadi simbol Porprov ke-VII Jawa Timur agar bisa menginspirasi, menjadi spirit kekuatan kebersamaan, dan sportivitas bagi para atlet dan official yang akan berlaga,” ungkapnya.

Bupati Salwa berpesan kepada seluruh atlet dan official tim khususnya bagi kontingen Kabupaten Bondowoso agar menyerap semangat api abadi ‘blue fire’ ini.

“Sehingga mampu memberikan potensi terbaiknya untuk memperoleh prestasi gemilang dalam ajang Porprov ini,” pesannya.

Menurutnya, seluruh atlet kontingen Bondowoso merupakan putera-puteri terbaik. Maka Ia meminta untuk jadi duta olahraga Kabupaten Bondowoso dengan tetap menjunjung tinggi sportifitas dan semangat bertanding yang tak pernah padam.

“Jaga nama baik daerah tak hanya di arena pertandingan, tetapi juga diluar pertandingan. Saya percaya, Porprov ke tujuh Jatim ini adalah sebuah ajang pertandingan yang harus dilandasi dengan satu rasa berbangsa, bertanah air Indonesia,” harapnya.

Tak hanya itu saja, kepada para panitia dan pihak terkait pun orang nomor satu di Bondowoso ini berpesan agar terus memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh atlet dan official yang akan bertanding.

“Mari bersama-sama kita sukseskan pergelaran Porprov ke tujuh Jawa Timur ini. Dan penyambutan api Porprov ini dapat menjadi momentum awal suksesnya pergelaran ajang olahraga dua tahunan ini,” tutupnya. (rzq)

Artikulli paraprakGubernur Jatim Launching Maskot Porprov VII Jatim 2022
Artikulli tjetërBegini Cara Wabup Irwan Membangun Dunia Pendidikan di Bondowoso

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini