KKN Tematik Internasional, Mahasiswa UMM Kenalkan Budaya Bali di Thailand

Oleh : Angga Setiawan

148
Masiswa KKN Tematik Internasional UMM, saat mengajarkan dan mengenalkan tarian kecak kepada siswa-siswi di Thailand

DALAM upaya memperkenalkan budaya Indonesia, mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik Internasional Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), melakukan pengabdian di Negeri Gajah Putih, Thailand.

Sebagai bentuk pengabdiannya, mahasiswa KKN ini mengajar di salah satu sekolah yaitu Srithan Municipal School. Mereka, memberikan edukasi berupa pengetahuan budaya yang ada di Indonesia, lebih tepatnya budaya Bali.

Menurut salah satu mahasiswa UMM asal Bondowoso, Angga Setiawan mengatakan, budaya yang diedukasikan dirinya bersama teman-temannya, yakni budaya yang banyak memiliki makna seperti, tarian Kecak, upacara Ngaben, hari raya Nyepi, dan Ogoh-ogoh.

“Tak hanya itu saja, saya bersama mahasiswa lainnya, juga mengedukasikan mengenai kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Bali. Misalnya pohon besar yang dibungkus oleh kain, kata sapaan Bali, pakaian adat, marga-marga yang ada di Bali, serta sopan santun masyarakat Bali,” kata Angga, Kamis (20/2/2020).

Dalam berjalannya proses pengabdian ini, lanjut Angga, mahasiswa KKN UMM tersebut tidak terlepas dari bimbingan, serta arahan dari dosen pembimbing Muhammad Kamil, sehingga mampu membuat budaya asli Indonesia bisa dikenal di Thailand.

“Adanya pengenalan budaya Bali yang merupakan salah satu destinasi wisata dunia ini, akan meningkatkan intensitas kunjungan wisata khususnya dari Negeri Thailand. Maka sangat penting untuk kitaajarkan di Thailand,” tambah Angga.

Lebih lanjut, Angga juga memaparkan hasil pertemuan Ketua KKN Tematik Internasional UMM, Maulana Ilham Putra Resgy dengan staff pengajar Srithan Muncipal School.

Menurutnya, pengabdian yang saat ini dilakukan oleh mahasiswa UMM, bertujuan agar siswa-siswi, serta masyarakat sekitar Srithan Muncipal School mendapat wawasan lebih dalam mengenal budaya yang ada di Indonesia.

“Adapun tujuan lainnya adalah, agar proses pengabdian ini bisa meningkatkan kualitas Srithan Municipal School kedepannya, untuk melakukan terus menjalin kerjasama,” tukasnya.

Sementara, Wakil kepala sekolah Srithan Muncipal School, mengaku sangat senang karena kedatangan Mahasiswa KKN Tematik Internasional UMM. Lebih dalam pengabdiannya, mereka memberikan edukasi mengenai Indonesia khususnya budaya yang ada di Bali.

“Tentunya hal itu dapat menambah wawasan siswa-siswi, pengajar, serta masyarakat sekitar Srithan Municipal School,” pungkasnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here