Komisi I DPRD Bondowoso: Pelayanan Dasar Disdukcapil Harus Maksimal

376
Kunjungan Komisi I DPRD Bondowoso ke Disdukcapil

BONDOWOSO – Serapan anggaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bondowoso di tahun 2018 hampir mencapai 100 persen.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi I DPRD Bondowoso, Setiyo Budi usai melakukan kunjungan kerja ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi tempat pelayanan dasar ini.

“Kami sudah mengevaluasi serapan anggaran di tahun 2018 yang mencapai99 persen. Artinya dalam pekerjaan ataupun kegiatan selama setahun cukup lumayan,” kata Budi saat dikonfirmasi beberapa media, Kamis (10/1/2019).

Kendati demikian, Disdukcapil masih harus terus berupaya untuk memberikan pelayan dasar kepada masyarakat.

“Kami menekankan pencetakan KTP dan sebagainya, harus ditingkatkan lagi. Apalagi sebentar lagi menjelang Pileg dan Pilpres, tentunya kita berharap pencetakan e-KTP ini harus lebih maksimal lagi,” tegasnya.

Yang menjadi kendala, lanjutnya, untuk pencetakan yang mengalami keterlambatan diakibatkan oleh masalah kekosongan blanko e-KTP.

“Jadi kita tekankan, supaya masyarakat tidak kehilangan hak demokrasinya kita akan menggunakan Surat keterangan (Suket),” tandasnya.

Sementara menurut Sekretaris Disdukcapil, Priyono mengatakan, dari hasil kunjungan kerja Komisi I DPRD Bondowoso Disdukcapil akan melakukan upaya-upaya agar masyarakat yang masih belum bisa segera melakukan perekaman e-KTP.

“Kami akan melakukan pendekatan pelayanan kepada masyarakat dengan cetak KK (kartu Keluarga) di kecamatan dan perekaman e-KTP di 6 kecamatan bisa diakses di kantor kecamatan masing-masing,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here