Komisi II DPRD: Anggaran Diperta Bondowoso Hanya Terserap 25 Persen

85
Ketua Komisi II DPRD Bondowoso, Andi Hermanto saat dikonfirmasi awak media

BONDOWOSO – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bondowoso melakukan Kunjungan kerja di Dinas Pertanian dan Peternakan (Diperta), untuk melihat dan mengevaluasi serapan anggaran tahun 2020, Kamis (2/7/2020).

Hasilnya, serapan Diperta sangatlah kecil, dari total anggaran kurang lebih Rp19 miliar, hanya terserap kisaran 25 Persen saja. Begitu yang disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD, Andi Hermanto usai evaluasi di aula Diperta.

“Di pemerintah daerah sering terjadi perubahan anggaran dari pusat, perubahan recofusing, SKB 2 Menteri, itu yang menjadi tidak cepat dilaksanakannya beberapa program yang ada di DIperta,” ungkapnya.

Belum dilaksanakannya program kegiatan fisik di Diperta, juga menjadi penyebab kecilnya serapan anggaran, dari total anggaran kurang lebih 19 Milyar hanya terserap 25 persen saja.

“Ada kesulitan untuk melakukan hal ini, dan sampai saat ini kita masih menunggu bagaimana landasan aturan yang melalui Perkada masih berubah-ubah,” ujarnya.

Disamping itu, kata Andi, Diperta masih belum sepenuhnya bisa melakukan kegiatan-kegiatan pekerjaan fisik. Diantaranya, pembangunan saluran dan hanya bisa menyerap dari kegiatan rutin saja.

“25 persen itu hanya kegiatan-kegiatan rutin saja, seperti Belanja Listrik, air dan ATK,” paparnya.

Pihak Komisi II sebagai mitra pemerintah berharap kepada Diperta agar segera melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya bisa dilakukan tanpa ada aturan khusus dari Pemerintah Pusat.

“Kami berharap kepada Diperta agar segera melakukan kegiatan yang tidak menunggu rekomendasi dari pemerintah pusat,” pungkasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here