KOMPAK Dampingi Program dan Inovasi Desa Bukor

225
Wakil Kedutaan Besar Australia Allaster Cox saat serah terima plakat bersama Wakil Bupati Bondowoso, H Irwan Bachtiar didampingi oleh Kepala Desa Bukor Mathari

BONDOWOSO – Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan Fasilitas (KOMPAK) yang didanai oleh Pemerintah Australia, sudah sejak tahun 2015 silam bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Bondowoso.

Kerjasama tersebut diimplementasikan untuk meningkatkan penguatan peran kecamatan, tata kelola desa dan penguatan inovasi lokal untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bondowoso.

Hingga saat ini, kerjasama Kompak terus berlanjut untuk memberikan bimbingan dan pendampingan di Desa Bukor Kecamatan Wringin. Pendampingan tersebut diharapkan mampu meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

Secara bertahap, pendampingan oleh Kompak di Desa Bukor terus dipantau oleh Kedutaan Besar Australia. Hal tersebut dimaksudkan agar Desa Bukor bisa menjadi pilot project dalam peningkatan pelayanan masyarakat.

Bertempat di balai Desa Bukor, Wakil Duta Besar Australia Allaster Cox memantau langsung pelaksanaan program-program yang mendapat pendampingan dari Kompak, Jumat (19/7/2019).

Pria kebangsaan Australia yang begitu fasih berbahasa Indonesia ini, mengarahkan agar semua yang dikerjasamakan oleh Kompak kepada desa-desa di Bondowoso, dimanfaatkan dan tepat sasaran.

“Semuanya harus bermanfaat bagi masyarakat dan tepat sasaran. Intinya, semua pendampingan yang kita lakukan harus bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Bukor,” terangnya.

Allaster Cox juga mengapresiasi semua usaha dan program yang telah dilakukan oleh pihak terkait di Desa Bukor. Dirinya mengatakan bahwa Desa Bukor telah bisa memberikan pelayanan yang cepat dan akurat.

“Saya sangat terkesan dengan semangat dan kerja keras dari camat dan Kades serta masyarakat khususnya di Desa Bukor Kecamatan Wringin. Karena semua telah mengimplementasikan kerjasama dengan Kompak dengan baik,” ujar Allaster.

Kades Bukor, Mathari saat memaparkan program-program desanya yang mendapat pendampingan dari Kompak

Sementara, Mathari Kepala Desa Bukor dalam laporannya menjelaskan satu persatu program-program yang didampingi oleh Kompak. Dirinya juga berterimakasih kepada pemerintah Kabupaten Bondowoso dan Kompak yang memberikan bimbingan atas program-program dan inovasi Desa Bukor.

“Semua program dan inovasi Desa Bukor bisa maksimal karena mendapat pendampingan dari Kompak. Tentunya, hal ini jelas memberikan dampak prositif dalam hal pelayanan kepada masyarakat,” terangnya.

Mathari menjelaskan, saat ini pemerintahan desanya telah merampungkan program Gertas Adminduk (Gerakan Tuntas Adminduk), yang gratis dan bisa mempermudah warganya untuk mengurus semua administrasi kependudukan secara online.

“Jadi, masyarakat tidak perlu jauh-jauh pergi ke kota (kantor Dispenduk) untuk mengurus Adminduk. Cukup di balai desa saja, gratis, cepat dan mudah,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Mathari, program yang mendapat pendampingan dari Kompak adalah SAID (Sistem Administrasi Informasi Desa). Melalui SAID tersebut, semua perencanaan pembangunan, APBDes dan kegiatan bisa diinformasikan, sebagai bentuk keterbukaan publik.

“Jadi semua lapisan masyarakat bisa mengakses data-data penyusunan RKP, APBDes, melalui aplikasi SAID ini,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Kompak juga memberikan pendampingan untuk program  Getar Desa dengan jumlah peserta paket B sebanyak 79 wajib belajar, dan paket A sebanyak 88 wajib belajar. Serta kami membangun ruang belajar desa PBMD (Pembelajaran Mandiri Desa).

“Jadi semua program ini harus dikawal, agar lebih baik kedepannya. Melalui PBMD kita bisa belajar bersama tentang pemerintahan dan belajar perencanaan bagi operator dan perangkat desa se Kecamatan Wringin,” paparnya.

Seperti diketahui, acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati H Irwan Bachtiar Rahmat serta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Muspika dan seluruh Kepala Desa (Kades) se Kecamatan Wringin. (rizqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here