Kontes Ternak Jadi Ajang Motivasi Para Peternak di Bondowoso

60
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat berfoto bersama dengan para pemenang kontes

BONDOWOSO – Merupakan agenda tahunan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Diperta) kembali menggelar Kontes Ternak 2019.

Acara yang digelar dari tanggal 4-5 September 2019 tersebut bertujuan untuk mengembangkan sub sektor peternakan, serta menggugah minat masyarakat dan untuk memotivasi peternak dalam memproduksi ternak bibit yang berkualitas.

Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan tersebut, diharapkan dapat memotivasi para peternak untuk meningkatkan kualitas ternak di Bondowoso.

“Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, jadikan sebagai ajang untuk bertukar informasi dan untuk menambah wawasan pengetahuan,” urai Bupati pada acara kontes di Alun-alun kecamatan Tamanan, Kamis (5/9/2019).

Menurutnya, Kontes ternak adalah sebagai bentuk partisipasi dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meningkatkan pangan berbasis protein hewani. Hal tersebut sejalan dengan perkembangan populasi ternak bondowoso yang tinggi.

“Dari sub sektor ternak kita bisa menghasilkan tiga produk yakni, daging, susu serta kotoran yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik,” paparnya.

Sementara menurut Ketua Panitia Kontes, Drh Edi Poernomo mengungkapkan peserta yang ikut dalam kontes ternak sebanyak 113 peserta yang dibagi menjadi 6 kategori unggulan ya g masing-masing kategori diambil 3 peserta pemenang.

“Dari jumlah total peserta kita bagi menjadi 6 kategori yaitu, Pedet jantan dan betina, kategori calon induk, kategori sapi induk, kategori calon kereman dan kategori hasil kereman Inseminasi Buatan (IB),” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here