Kopi Arabika Bondowoso Sabet Juara Satu di Festival Kopi Nusantara

673

Bondowoso – Kopi Bondowoso menjuarai lomba adu cita rasa melawan puluhan kopi ternama di Indonesia pada Festival Kopi Nusantara (FKN), 23-24 Juli 2016, di lereng Gunung Ijen. Pemenang adu cita rasa diumumkan salah satu juri, Misnawi Direktur Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember.

“Kelompok Suyitno dari Kecamatan Sukosari, Bondowoso, berhasil memenangkan lomba adu cita rasa pada Festival Kopi Nusantara melawan kelompok lain dari berbagai daerah,” kata Misnawi.

Penilaian dilakukan berdasarkan kualitas kopi. “Kopi Bondowoso punya keunikan tersendiri, ya, cita rasanya unik. Sangat diharapkan, ke depan, pemerintah daerah dan seluruh kelompok tani di Bondowoso bisa menjaga kualitas kopi,” harapnya.

Suyitno, kelompok yang menjuarai lomba uji cita rasa mengaku proses kopi yang dikelolanya sangat sesuai dengan prosedur baku, mulai dari pemetikan sampai jadi kopi OC atau berasan. “Karena itu, kopi yang dihasilkan sangat berkualitas,” katanya.

Sementara juara dua uji cita rasa kopi arabika pada FKN diraih oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan Aceh Tengah, dan juara ketiga diraih oleh Atieq, CV Frinsa Agrilestari KP Mulyana, Pengalengan, Kabupaten Bandunng. Diketahui, sebanyak 84 kelompok tani antara lain dari Aceh Tengah, Sulawesi serta Kabupaten Bandun, Jabar, menjadi peserta lomba uji cita rasa pada FKN.

Meraih juara pertama sekaligus mendapatkan predikat Bondowoso adalah penghasil kopi yang memiliki cita rasa tinggi membuat pemerintah kabupaten Bondowoso dan seluruh masyarakat, khususnya para petani kopi di Republik Kopi ini punya kebanggaan tersendiri. Dengan begitu, kopi asli Bondowoso yaitu kopi Arabika Java Ijen Raung atau yang dikenal dengan JIR  semakin menjadi kopi bergengsi di tingkat Internasional.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here