KPU Bondowoso Tetapkan Perolehan Suara Caleg Terpilih

214
foto Ketua KPU dan komisioner bersama seluruh perwakilan masing-pasing partai peserta Pileg 2019 (foto: istimewa)

BONDOWOSO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso telah menetapkan perolehan kursi Partai Politik dan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) pada Pemilu 2019.

Partai politik yang memperoleh kursi terbanyak adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan perolehan 14 kursi dan disusul oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang mendapatkan sebanyak 7 kursi.

Sedangkan, Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masing-masing mendapatkan 6 kursi. Untuk Partai Keadilan Sosial (PKS) memperoleh 5 kursi, Partai Gerindra 4 kursi, Demokrat 2 kursi dan PAN hanya 1 kursi.

Ketua KPU Kabupaten Bondowoso, Junaidi mengatakan, pihaknya segera menyampaikan penetapan tersebut karena untuk Pileg DPRD Kabupaten Bondowoso tidak ada sengketa atau gugatan yang disampaikan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Maka, kita segera laksanakan sesuai surat dari KPU RI,” jelasnya usai rapat pleno Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Bondowoso di Ballroom Hotel Palm, Senin (22/7/2019).

Sementara, dijelaskan mantan Komisioner Divisi Hukum KPU Bondowoso ini, ada batas waktu yang ditetapkan untuk melakukan proses administrasi oleh Pemerintah daerah dan Pemerintah Provinsi agar segera dilakukan pelantikan calon terpilih anggota DPRD ini.

“Proses oengurusan administrasi, tidak boleh lebih dari 15 hari,” pungkas Junaidi. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here