Lantik PAW Kades Mengok, Ini Pesan Bupati Salwa

50
Bupati KH Salwa Arifin saat melantik dan mengambil sumpah jabatan PAW Kades Mengok Kecamatan Pujer

BONDOWOSO – Bupati Bondowoso, KH.Salwa Arifin melantik Nur fajriyah sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) Kepala Desa Mengok, Kecamatan Pujer, Kamis (10/1/2019), di pendopo Kecamatan Pujer.

Bupati hadir didampingi Kapolres, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) dan beberapa Pejabat Pimpinan Daerah, seluruh kepala desa di wilayah kecamatan setempat.

KH Salwa Arifin berpesan agar Kades bisa menjaga keharmonisan dan kerukunan antar masyarakat. Bahkan, Bupati  menyampaikan agar Kades terpilih segera melakukan konsolidasi dengan seluruh aparatur pemerintah desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat.

“Seorang Kepala Desa harus bersinergi dengan seluruh unsur, agar berada dalam frekuensi yang sama dengan apa yang ingin dilakukan oleh Kades. Karena, tanpa dukungan dari semua pihak, seorang Kades tidak bisa melaksanakan tugas. Harus ada kerjasama, kolaborasi dan sinergi untuk mensejahterakan masyarakat,” kata Bupati.

Selain itu, Bupati mengajak Kades untuk segera mengenali dan menggali potensi desa untuk dikemnagkan untuk dijadikan sumber-sumber pendapatan desa. Pasalnya, saat ini Presiden Joko Widodo mengedepankan pembangunan Indonesia melalui pemberdayaan pembangunan di semua desa.

“Pembangunan bangsa dan negara ditunjang dari pembangunan desa dengan memberikan kebijakan kepada Pemerintah Desa melalui Dana Desa. Ini kesempatan yang besar untuk mengenali potensi desa sebagai sumber pendapatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini harus direalisasikan secepatnya,” tambah Bupati.

Tak kalah pentingnya, Bupati berharap agar Kades bisa menjadi panutan bagi masyarakat, dengan mendorong pembangunan di tingkat desa yang singkron dengan target pembangunan pemerintah Kabupaten Bondowoso. “Ini sangat penting. Oleh karena itu Kades harus bersinergi untuk meningkatkan pembangunan,” tukasnya.

Sementara itu, Camat Pujer, Ifan Arrif Afandi, mengatakan, Nur Fajriyah memimpin desa Mengok selama sekitar dua tahun ke depan, setelah berhasil terpilih dengan suara terbanyak dalam Musywarah Desa (Musdes) Pemilihan Kades PAW beberapa waktu lalu. “Hak pilih yang ditentukan oleh BPD ada 235 suara, dan dimenangkan oleh Nur Fajriyah, dengan perolehan sekitar 185 suara,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, Kades sebelumnya Hanafi, yang merupakan Kakak kandung dari Nur Fajriyah, mengundurkan diri lantaran maju di Pileg 2019 Dapil 3. (rizqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here