Lima Kecamatan di Bondowoso Rawan Kekeringan

65
Hariyanto, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bondowoso saat dikonfirmasi

BONDOWOSO – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi kekeringan yang akan melanda beberapa daerah di wilayah Indonesia, salah satunya di Kabupaten Bondowoso.

Dari data yang disebutkan, Kabupaten Bondowoso masuk dalam kategori siaga kekeringan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat memprediksi ada 5 kecamatan akan mengalami kekeringan dan masuk dalam penanganan prioritas tinggi. 

Menurut Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD, Dadan Kurniawan melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Hariyanto mengatakan, untuk melakukan tindakan, pihaknya masih menunggu laporan dari masyarakat ataupun pihak Pemerintahan Desa. 

“Sampai saat ini kita masih belum menerima laporan terkait kekeringan itu,” ungkapnya saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (25/8/2021). 

Dikatakan Hariyanto, saat ini pihak BPBD masih fokus dalam penanganan kasus Covid – 19, dimana kata Hariyanto, pihak BPBD menjadi garda terdepan dalam mengatasi bencana. Namun, setiap tindakan yang akan dilakukan, harus sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). 

“Ya kami menunggu permintaan dulu dan menunggu SK, kendatipun ada kejadian ya kita turun, itupun belum maksimal saat ini, kita masih fokus dalam penanganan Covid-19 ini,” tutupnya. 

Kekeringan ini, lanjutnya, akan berdampak bagi masyarakat. Diantaranya, berkurangnya persediaan air untuk rumah tangga dan pertanian serta meningkatnya potensi kebakaran semak, hutan lahan dan perumahan.

“Kami berpesan kepada masyarakat agar tetap waspada dan siap siaga melapor kepada pihak Pemerintah Kabupaten ataupun pihak Pemerintah Desa, jika dampak kekeringan mulai ada,” pesannya.

Seperti diketahui, daerah rawan kekeringan yang masuk dalam data BPBD Bondowoso, yakni, Kecamatan Cermee, Kecamatan Tegalampel, Kecamatan Prajekan, Kecamatan Klabang dan Kecamatan Taman Krocok . Lima kecamatan tersebut masuk dalam penanganan prioritas tinggi. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here