Lindungi Tenaga Kerja di Bondowoso, DPMPTSP Naker Teken MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan

102

BONDOWOSO – Dalam rangka mengintegrasikan program Jaminan sosial ketenagakerjaan, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP) Kabupaten Bondowoso, meneken MoU bersama Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS), di Ruang Meeting Hotel Bharata, Kamis (12/8/2021).

Memorandum of Understanding (MoU) tersebut, ditandatangani langsung oleh Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jember, Edy Suryono dengan Kepala Dinas DPTSP, Nunung Setianingsih.

“MoU ini dilakukan untuk meningkatkan dan memberikan penguatan pengembangan Penyelenggaraan jaminan Sosial ketenagakerjaan, serta Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi, Sinergi Perlindungan Tenaga Kerja,” ungkap Nunung.

Selain memberikan penguatan, kedua belah pihak akan terus bersinergi untuk mengoptimalkan percepatan perlindungan bagi para pekerja yang Ada di Kabupaten Bondowoso. “Sasarannya adalah, semua pelaku usaha yang ada di Bondowoso, mulai dari toko, UD, CV, PT, koperasi dan yayasan, kami arahkan agar mendaftarkan para pekerjanya ke BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Pengoptimalan tersebut, kata Nunung, sesuai dengan Intruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021, tentang optimalisasi penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“MoU ini merupakan upaya konkrit atas Intruksi Presiden, sehingga dengan begitu semua upaya pencapaian untuk mengoptimalkan percepatan perlindungan bagi para pekerja benar-benar dirasakan oleh para pekerja, khususnya para pekerja di Bondowoso,” ringkasnya.

Seperti diketahui, BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis juga memberikan santunan Jaminan Kematian kepada keluarga juru parkir Bapak Suparman yang meninggal dunia sebesar Rp 42 juta. Serta beasiswa bagi anak-anak almarhum.

Anak almarhum diberikan pembiayaan sekolah dari negara melalui beasiswa BPJamsostek sejak jenjang TK/pendidikan usia dini hingga perguruan tinggi. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here