Liputan Pelantikan Anggota DPRD Situbondo Dibatasi

64
Suasana gedung DPRD Situbondo, tampak dari luar saat pelantikan 45 anggota DPRD periode 2019-2024

SITUBONDO – Prosesi pelantikan wakil rakyat di DPRD Situbondo periode 2019-2014, yang berlangsung di Kantor DPRD Jl Kenanga N0 1 Situbondo, terkesan tertutup. Pasalnya, ada pembatasan peliputan berita bagi wartawan yang tidak membawa ID card khusus dari panitia.

Dampaknya, beberapa wartawan yang akan meliput prosesi pelantikan anggota, ketua dan wakil ketua DPRD Situbondo, merasa kecewa dan merasa haknya sebagai wartawan dikebiri oleh panitia penyelenggara pelantikan tersebut.

Seperti yang disampaikan Hery Sampurno, ketua wartawan yang tergabung dalam wadah Kontributor Pantura (Kontri) Situbondo menjelaskan, kebebasan pers dalam mencari, menghimpun, mengelola berita dan gambar dilindungi dengan Undang-undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers.

“Hal tersebut sangat bertentangan dengan pasal 4 ayat 2 dan 3, UU Pers. Dalam ayat 2 disebutkan terhadap pers nasional tidak dikenakan segala bentuk penyensoran, pembredelan atau pelarangan penyiaran. Sedangkan, dalam pasal 3 dijelaskan, untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi,” beber Hery Sampurno, reporter TV One dan ANTV wilayah Situbondo, Rabu (21/8/2019).

Menurut Hery, pembuat kebijakan pembatasan peliputan berita bagi wartawan yang sudah mengikuti Uji Kompetisi Wartawan (UKW) dan medianya terdaftar di dewan pers, merupakan kebijakan yang salah kaprah dan harus banyak belajar membaca UU RI No. 40 tahun 1999 tentang Pers.

“Saya harap hal ini tidak terjadi lagi di tempat lain, karena tugas seorang jurnaliatik dilindungi dengan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan diikat dengan kode etik jurnalistik,” tegas Hery.

Informasinya, pihak panitia (DPRD, red) hanya mengeluarkan 10 ID card bagi 10 orang wartawan yang diberi ijin untuk melakukan peliputan pelantikan anggota DPRD Situbondo. (sony)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here