Listrik Jadi Kendala Utama Pelaksanaan UNBK Tingkat SMP/MTs di Bondowoso

182
Kepala Dinas Dikbud Harimas, saat dikonfirmasi usai kegiatan gathering di Hotel Ijen View

BONDOWOSO – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs di Kabupaten Bomdowoso akan dilaksanakan pada tanggal 22-25 April 2019 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bondowoso, Harimas mengatakan, masih ada beberapa kendala pada pelaksanaan UNBK tingkat SMP/MTs ini.

Menurutnya, kendala terbesar yang dihadapi pada pelaksanaan ujian yang menggunakan komputer ini adalah perihal listrik.

“Kendala terpenting dalam pelaksanaan UNBK ini adalah pemadaman listrik,” ungkap Harimas, saat dikonfirmasi usai kegiatan gathering di Hotel Ijen View, Rabu (10/4/2019).

Mengantisipasi hal tersebut, dikatakan Harimas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso melalui Dinas Dikbud, telah melakukan koordinasi bersama pihak PLN, agar tidak terjadi pemadaman selama pelaksanaan UNBK tingkat SMP/Mts berlangsung.

“Kami sudah berkomunikasi dengan pihak PLN, kami juga sudah berkirim surat. Bahkan, pihak Kepolisian juga sudah membantu mengkomunikasikan untuk menyampaikan hal tersebut dengan PLN, agar tidak ada pemadaman listrik saat pelaksanaan UNBK. Sehingga, tidak ada gangguan dalam pelaksanaan UNBK ini dan berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Kemudian, dikatakan Harimas, kendala yang kedua dan tak kalah pentingnya pada pelaksanaan UNBK ini adalah perihal kepemilikan laboratorium komputer di setiap SMP/MTs.

Mengatasi hal tersebut, Harimas menyebut bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan SMA/SMK yang sebelumnya juga sudah melaksanakan UNBK, dan memiliki fasilitas komputer yang lengkap.

“Nanti, SMP/MTs yang belum memiliki komputer saat pelaksanaan UNBK, kita pinjam laboraturium komputer di SMA/SMK untuk kita tempati. Karena tidak memadai, jadi kita laksanakan dengan sistem sesi sampai tiga kali,” pungkas mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here