Mahasiswa UNAIR, Bantu Tingkatkan Sektor Peternakan di Bondowoso

54
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat memakaikan topi kepada salah satu mahasiswa perwakilan sebagai tanda diterimanya kegiatan di Bondowoso

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso menyambut mahasiswa dari fakultas kedokteran hewan Universitas Airlangga Surabaya, untuk melakukan pengabdian masyarakat internasional tahun 2019, di kabupaten setempat.

Kedatangan mahasiswa tersebut bertujuan untuk meningkatkan populasi ternak yang ada di Kabupaten Bondowoso. Pasalnya, kabupaten tersebut dinilai mempunyai potensi yang baik di sektor peternakan.

Bupati KH Salwa Arifin yang langsung menyambut kedatangan mahasiswa Unair, menyambut baik pengabdian para calon dokter hewan untuk mengabdikan dirinya untuk masyarakat, khususnya untuk meningkatkan sektor peternakan di Kabupaten Bondowoso.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Bondowoso, saya ucapkan selamat datang kepada para peserta pengabdian masyarakat internasional. Dan kami sangat mengapresiasi pengabdian kalian untuk meningkatkan sektor peternakan,” urai Bupati Salwa saat memberikan sambutan di hadapan ratusan peserta, Kamis (11/7/2019).

Dikatakan Bupati, populasi ternak saat di Bondowoso saat ini, kurang lebih 224.000 ekor ternak. Kondisi tersebut dinilai bisa memaksimalkan kegiatan pengabdian masyarakat Internasional yang rencananya akan digelar selama 10 hari di 3 kecamatan.

“Kondisi di Bondowoso sangat mendukung kegiatan pengabdian masyarakat internasional untuk mengembangkan serta meningkatkan kualitas peternak yang ada di kabupaten ini,” tuturnya.

Lebih jauh Bupati berpesan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan pengabdian, agar senantiasa menerapkan sikap disiplin ilmu serta mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi masyarakat setempat.

“Lakukan dialog dan kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat khususnya tokoh masyarakat di desa setempat,” paparnya.

Sementara menurut Wakil Dekan Universitas Airlangga, Fedik Abdul Rahman, menuturkan potensi ternak di Kabupaten Bondowoso sangat mendukung untuk melakukan pengabdian masyarakat internasional.

“Disini daerahnya, geografisnya sangat mendukung. Oleh karena itu sesuai dengan harapan bapak bupati yang ingin mengembangkan populasi ternak, kita akan lakukan pengabdian masyarakat internasional disini,” pungkasnya.

Perlu diketahui, dari 3 kecamatan yang akan dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat internasional diantaranya, Kecamatan Tamanan, Maesan, dan Kecamatan Jambesari Darussolah. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here