Melalui KIE PUP, Dinas PPKB Bondowoso Tekan Angka Pernikahan Dini

48
Suasana Tim KIE Kecamatan Botolinggo saat menggelar KIE PUP

BONDOWOSO– Dalam rangka menekan angka pernikahan dini di Kabupaten Bondowoso, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB) mengadakan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) tentang Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), kepada orangtua yang memiliki anak remaja di Kecamatan Botolinggo.

Tim KIE PUP Kecamatan Botolinggo, Ratna Tridayanti mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada lapisan masyarakat, khusunya di daerah yang masih tinggi angka pernikahan dini.

“Orangtua dibekali dasar pengetahuan PUP agar dapat mengambil keputusan bagi putera putrinya dengan tepat untuk masa depan generasi Indonesia,” kata Ratna, Kamis (8/8/2019).

Sementara menurut Kepala Dinas PPKB, Nunung Setianingsih melalui Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Apipudin Mustopa mengungkapkan, Dinas PPKB pada tahun 2019 memprioritaskan garapan KIE kepada orangtua, agar tidak menikahkan anaknya pada usia dini.

“Prioritas kita tahun 2019, fokus garapan KIE pada orangtua dengan harapan tidak segera menikahkan anak anaknya, jika blm memenuhi usia ideal menikah yaitu perempuan 21 tahun dan laki-laki usia 26 tahun,” tuturnya.

dikatakan Apip, orangtua dalam hal tersebut sangat penting dalam percepatan pembangunan Bondowoso, agar secepatnya angka pernikahan dini menurun. Dalam hal ini orangtua mempunyai kesempatan untuk melaksankan tanggung jawab memberi pendidikan setinggi mungkin kepada anak-anaknya.

“Pendidikan penting untuk masa depan generasi milenial di Bondowoso,” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here