P3A Patirana Makmur Realisasikan P3-TGAI untuk Saluran Irigasi

97
Jamak Ketua P3A Patirana Makmur ditemani oleh Dafir ketua Gabungan P3A setempat, saat menunjukkan bangnan saluran irigasi di Dusun Mangir

BONDOWOSO – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, menggelontorkan anggaran padat karya melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di tahun 2021, kepada ribuan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) di Indonesia.

Program ini difokuskan pada perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani, yang dilaksanakan oleh P3A/GP3A secara swakelola, dengan besaran anggaran Rp 195 juta.

Menindaklanjuti program tersebut, P3A Patirana Makmur Desa Wonosari Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso, yang mendapat kucuran dana P3-TGAI, merealisasikan anggaran tersebut untuk membangun saluran irigasi.

Menurut Jamak alias Pak Sofi, Ketua P3A Patirana Makmur, saat ini pihaknya secara swakelola merealisasikan program tersebut untuk membangun saluran irigasi di area persawahan, tepatnya di RT 16 RW 4 Dusun Mangir, Desa Wonosari.

“Sesuai dengan target pencapaian program ini, kami alokasikan untuk membangun plengsengan sepanjangan 275 meter (kanan-kiri). Hal ini kami lakukan untuk melancarkan air irigasi ke sawah-sawah petani seluas 95 hektar. Bahkan sampai ke desa tetangga,” kata Jamak ditemani oleh Dafir ketua Gabungan P3A setempat, di lokasi pembangunan, Sabtu (22/5/2021).

Dirinya menambahkan, program dengan berbasis peran serta masyarakat petani ini, selain meningkatkan kualitas irigasi pedesaan, juga mengurangi pengangguran selama pandemi covid-19.

“Program P3-TGAI ini, juga membantu masyarakat dalam hal penghasilan. Mereka yang belum bekerja dan terimbas dampak pandemi, bisa dipekerjakan untuk membangun saluran irigasi. Jadi, sangat membantu petani dan masyarakat,” terangnya.

Dirinya juga berharap agar petani untuk membantu merawat bangunan saluran irigasi bersama-sama, agar bisa terus memberikan manfaat kepada petani dalam mengairi sawahnya.

“Mari kita jaga dan rawat aset milik bersama ini. Sehingga bisa mengairi sawah milik petani dan mendongkrak hasil panen petani. Jika hasil panen bagus, tentunya ekonomi dan kesejahteraan petani di Desa Wonosari bisa meningkat,” pungkasnya. (ichwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here