Panitia UN dan USBN Kabupaten Bondowoso Dilantik

401
Kepala Dinas Dikbud saat melantik dan mengambil sumpah jabatan panitia UN dan USBN di Aula Ki Hajar Dewantara

BONDOWOSO – Menjelang pelaksanaan ujian sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bondowoso melantik panitia Ujian Nasional (UN) SMP/MTS, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD/MI dan ujian keseteraan kejar paket A, B dan C, Senin (11/3/2019).

Bertempat di aula Ki Hajar Dewantara, Drs H Harimas MSi, Kepala Dinas Dikbud, secara simbolis melantik dan mengambil sumpah jabatan seluruh panitia penyelenggaraan dan pengawas ujian sekolah se Kabupaten Bondowoso.

Mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Bondowoso ini, usai pelantikan mengatakan, panitia dan pengawas ujian sekolah harus bekerja maksimal. Karena, ada reward dan punishment yang akan diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso.

“Kami mengusulkan ada reward jika panitia dan pengawas bisa bekerja dengan baik dan melaksanakan tanggungjawabnya. Sebaliknya, bagi yang lalai akan mendapatkan peringatan keras, baik secara lisan maupun tertulis, sesuai dengan seberapa besar tingkat kesalahan dan peyimpangannya,” tegasnya.

Drs H Harimas MSi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan saat dikonfirmasi oleh beberapa awak media

Oleh sebab itu, dirinya mengimbau kepada semua panitia dan pengawas ujian sekolah untuk senantiasa berkoordinasi sedini mungkin dengan semua pihak, untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak prosedural.

“Semisal ada keterlambatan materi ujian, sarana prasarana seperti listrik dan transportasi, semuanya diharapkan segera dilaporkan dan dikoordinasikan, agar bisa cepat ditindaklanjuti,” terangnya.

Yang terpenting, lanjutnya, peran dan tanggungjawab yang diberikan kepada panitia UN dan USBN bisa dilaksanakan dengan berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Jadi, dirinya berharap amanah yang diberikan kepada panitia bisa membantu mensukseskan jalannya UN dan USBN serta ujian keseteraaan.

“Intinya, kesulitan dan kendala dalam pengawasan pelaksanaan ujian sekolah harus dideteksi lebih awal. Koordinasikan dengan pihak terkait, agar Dinas Dikbud bisa segera mengambil keputusan dan mencari solusi terbaik. Selamat bertugas,” pungkasnya.

Dalam pelantikan kali ini, selain dihadiri oleh Kepala Dinas Dikbud, tampak hadir Kepala Kemenag, Kasat Binmas Polres Bondowoso, para Kabid serta seluruh panitia dan pengawas ujian sekolah se Kabupaten Bondowoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here