Pasca Banjir Bandang, Warga Sempol Mulai Bersih-Bersih

90

BONDOWOSO – Pasca terjadinya bencana banjir bandang yang membawa material kayu dan batu beserta lumpur, warga Desa Sempol dan Kalisat Kecamatan Ijen tampak mulai membersihkan rumah mereka.

Kejadian banjir bandang tersebut, perabot rumah tangga milik warga yang terdampak terlihat terendam lumpur. Bahkan, sebagian ada yang terbawa arus banjir. Sehingga, diperkirakan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Salah satu warga yang terlihat sedang membersihkan rumahnya dari lumpur mengatakan bahwa arus air pada banjir bandang itu sangat besar.

“Perabotan rumah, juga terendam lumpur. Kayu-kayu besar itu, dibawa air masuk ke halaman rumah. Ya dari gunung Suket,” kata Alimuddin, warga Kampung Baru Desa Kalisat,  Kamis (30/1/2020), disela membersihkan rumahnya yang terendam lumpur.

Selain itu, dikatakannya, ada juga motor serta sebagian hewan ternak juga terbawa arus banjir bandang.

“Kandang ternak yang ada di bantaran sungai, sebagian juga terseret arus. Satu kandang ada yang berisi 30 ekor. Milik saya, tiga ekor kambing terseret banjir juga,” ungkapnya.

Saat kejadian banjir bandang, dijelaskan Alimuddin, sebenarnya di Desa Sempol dan Kalisat tidak hujan. Hanya saja, menurutnya, hujan deras terjadi di hulu.

“Airnya dari gunung sana, ya gunung suket,” pungkasnya.

Untuk diketahui, selain warga, terlihat petugas dari Pemkab Bondowoso serta pihak-pihak terkait, yakni, BPBD serta anggota TNI dan Kepolisian membantu membersihkan sisa-sisa lumpur dan material seperti kayu-kayi dan batu. (dis/rzq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here