Pasca Banjir di Kecamatan Ijen, Dinas PUPR Lakukan Pembenahan

112
Bronjong yang dibangun sebagai antisipasi banjir susulan di Kecamatan Ijen

BONDOWOSO – Menyikapi Surat Keputusan Bupati Bondowoso, Nomor 188.45/266/430.4.2/2020 tentang penetapan status tanggap darurat penanganan bencana banjir bandang dikecamatan Ijen, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun 9 titik bronjong penahan banjir dan normalisasi saluran di dua desa.

Hal tersebut dilakukan pasca bencana banjir bandang yang terjadi beberapa pekan lalu yang menimpa Desa Sempol dan Kalisat, serta untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan yang tidak bisa diprediksi.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya dan Tata Ruang, Syahrial Farry mengatakan, sesuai dengan Surat Keputusan bupati, Dinas PUPR telah melakukan pembangun dan pembenahan di sarana prasarana saluran yang rusak akibat banjir.

“Pembangunan tanggap darurat bencana di dua desa ada dua item, yaitu, penguatan bronjong dan normalisasi sungai dan saluran,” ungkapnya ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (7/3/2020).

Dikatakan Syahrial, dengan gerakan tersebut, pihak dinas lebih menekankan pada perbaikan penguatan bronjong dan normalisasi saluran, hal tersebut dinilai sangat signifikan untuk mengantisipasi hal-hal yang berdampak negatif, mengingat curah hujan saat ini masih belum bisa dipastikan.

“Kedepannya kita pastikan ada penanganan yang lebih konprehensif lagi, karena saat ini sifatnya darurat, ya kita upayakan semaksimal mungkin, agar tidak terjadi dampak yang merugikan masyarakat,” tuturnya.

Mengingat lahan yang ada di Kecamatan Ijen masih ada kaitannya dengan PTPN dan Perhutani, pihak dinas akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait, agar apa yang diharapkan oleh masyarakat, khususnya masyarakat setempat bisa tercapai.

“Target kita Maret ini, Karena masyarakat disana masih termasuk didalam dua instansi yakni Perhutani dan PTPN, jadi kita tidak langsung mengekskusi lahannya, kita hanya butuh koordinasi lebih lanjut,” tutupnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here