Pasca Bencana, PMI Bondowoso Berikan Bantuan di Lokasi Banjir

133
Para relawan PMI saat membantu mebersihkan rumah warga yang terdampak banjir bandang

BONDOWOSO – Bencana banjir bandang terjang Kabupaten Bondowoso, tepatnya di Desa Sempol dan Kalisat Kecamatan Ijen, mendapat bantuan dari berbagai pihak hingga Pemerintah Kabupaten/kota tetangga.

Di hari ketiga, pasca terjadinya banjir bandang ini, kini giliran Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bondowoso dibantu PMI dari Jember, Malang, Lumajang dan PMI Provinsi Jawa Timur (Jatim), bergerak membantu melakukan bersih-bersih di lokasi bencana.

Untuk keperluan membantu bersih-bersih rumah warga terdampak banjir bandang yang dipenuhi lumpur, tim gabungan PMI tersebut mengirimkan 2 unit truck tangki air. Bahkan, 2 truck engkel juga ikut dikirimkan untuk mengangkut peralatan serta barang yang dibutuhkan warga.

“Selain itu, kami juga mendistribusikan sembako untuk warga yang rumahnya terdampak banjir bandang ini,” ungkap Ketua PMI Kabupaten Bondowoso, Muhammad Iqbal Afif, Jumat (31/1/2020), di lokasi posko lapangan Hasanudin.

Dikatakan Afif, sapaan akrab ketua PMI Bondowoso ini, timnya akan selalu stay di posko lapangan Sempol dan di posko markas PMI. “Kami lakukan itu selama 5 hari kedepan,” pungkas pria yang juga ditunjuk sebagai ketua tim tanggap darurat bencana gabungan PMI itu.

Untuk diketahui, tim dari PMI juga menyiapkan ambulance, kendaraan bermotor rescue dan ranger darurat bencana serta dua toilet portable untuk digunakan bersama di posko relawan lapangan Sempol.

Seperti diketahui, banjir bandang yang membawa material kayu, batu dan lumpur pada Rabu (29/2/2020) kemarin, jelas berasal dari lereng Gunung Suket. Dimana hutan di gunung tersebut sudah terbakar tahun 2019 silam, dan memiliki histori banjir bandang pada tahun 2015 silam.

Akibatnya, sebanyak 135 rumah di Desa Kalisat dan 80 rumah di Desa Sempol terdampak banjir bandang tersebut. Bahkan, ratusan ternak kambing dan sapi juga terdampak. (rzq/dis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here