Pelaku Usaha Pariwisata di Bondowoso, Zoom Meeting Bersama Menparekraf

63
Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat saat memimpin zoom meeting dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Aula Disparpora

BONDOWOSO–  Ratusan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Bondowoso mengikuti kegiatan webinar zoom meeting bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Aula Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Senin (31/5/2021). 

Kegiatan Webinar yang dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Irwan Bachtiar Rahmat tersebut, diharapkan bisa mentoring para peserta untuk menerima manfaatnya dalam aspek pariwisata serta peningkatan ekonomi kreatifnya.

“Ini sangat membantu, mengingat pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini, para pelaku parekraf dapat lebih mengembangkan usahanya dan mempersiapkan destinasi pariwisata Bondowoso agar menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya.

Menurut Wabup, Bondowoso memiliki ragam produk ekonomi kreatif yang harus dikembangkan dan dipromosikan lebih luas lagi. Bondowoso juga memiliki ragam destinasi pariwisata yang terbagi menjadi 5 ragam, yaitu wisata alam, wisata buatan, wisata pedesaan, wisata minat khusus, wisata religi, serta wisata budaya dan sejarah.

“Bondowoso memiliki ragam produk Ekonomi Kreatif, diantaranya yaitu Kopi, Batik, handycraft, produk digital, dan tape. Produk-produk tersebut memiliki potensi agar kemudian dapat dikembangkan dan dipromosikan lebih luas, ” ujarnya. 

Hal tersebut mendapat respon positif dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Wabup menuturkan, di masa Pandemi diperlukan adaptasi dan inovasi yang dapat disesuaikan dengan kondisi saat ini. 

“Terkait beberapa tanggapan serta masukan dari para pelaku usaha parekraf, pulihnya sektor pariwisata dapat dilihat salah satunya dari kondisi penyebaran covid-19. Dikarenakan hal tersebut, diperlukan pula adanya adaptasi dan inovasi yang dapat menyesuaikan dengan kondisi saat ini,” tuturnya. 

Diharapkan para pelaku usaha parekraf dapat menggunakan kesempatan tersebut, dengan cara meningkatkan keterampilan agar dapat menangkap peluang ke depan. Dengan cara menjual produk secara online dan membuat konten-konten yang menarik sebagai sarana promosi produk.

“Kita harapkan, program-program yang akan dilaksanakan dapat dikawal dengan baik dan diharapkan dukungan dalam berbagai aspek dapat diimplementasikan dengan baik oleh Kemenparekraf,” tegasnya. 

Di konfirmasi terpisah pada Rabu (2/6/2021), Kepala Bidang Pariwisata, Arif Setyo Rahardjo, mengatakan, zoom meeting yang digelar merupakan upaya bersama untuk menjembatani para pelaku usaha wisata, agar bisa menyampaikan usulan-usulan atau inovasi gagasan yang bisa membuat serta membangun dunia wisata di Bondowoso lebih meningkat dan melesat. 

“Alhamdulillah respon dari Menteri Pariwisata sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan insyaallah menteri akan hadir dalam waktu dekat ke Bondowoso,” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here